PENGEMBANGAN MEDIA EXGICBOX BERBANTUAN KARTU CERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MENEMUKAN IDE POKOK KELAS VI SDN KARANGANYAR 2 KABUPATEN DEMAK


Risca Zidni Fadhilah, 1401418221 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA EXGICBOX BERBANTUAN KARTU CERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MENEMUKAN IDE POKOK KELAS VI SDN KARANGANYAR 2 KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418221_Risca Zidni Fadhilah - Risca Zidni Fadhilah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada pra-penelitian di SDN Karanganyar 2, minimnya penggunaan media pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menemukan ide pokok membuat minat baca siswa menjadi rendah yang mengakibatkan hasil nilai siswa dalam menemukan ide pokok pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan desain, kelayakan, dan keefektifan media exgicbox berbantuan kartu cerita untuk meningkatkan hasil keterampilan membaca pemahaman dalam menemukan ide pokok pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono yang dalam penelitian ini hanya melakukan dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk (skala kecil); (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian (skala besar). Pada uji skala kecil dipilih 6 siswa kelas VI dan uji skala besar dengan jumlah 32 siswa kelas VI di SDN Karanganyar 2. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, tes, angkat, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media exgicbox berbantuan kartu cerita dinyatakan “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil validasi media diperoleh persentase sebesar 91% kriteria “sangat layak” dengan perbaikan dan hasil validasi materi diperoleh persentase sebesar 94% kriteria “sangat layak” dengan perbaikan. Hasil peningkatan keterampilan membaca pemahaman dalam menemukan ide pokok dapat diketahui melalui hasil pretest dan postest dihitung menggunakan n-gain mengalami peningkatan sebesar 0,57 dengan selisih rata-rata 20,6 termasuk kriteria “sedang” serta uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa dalam menemukan ide pokok muatan pelajaran Bahasa Indonesia pada hasil pretest dan postest. Simpulan dari penelitian ini adalah media exgicbox berbantuan kartu cerita layak dan efektif digunakan dalam peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman dalam menemukan ide pokok pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Saran penelitian selanjutnya dapat menambah teks bacaan yang berbeda dalam kartu cerita agar lebih variatif dan terkesan tidak monoton dalam penggunaan media exgicbox.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kartu cerita; keterampilan membaca pemahaman; media exgicbox
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:28
Last Modified: 05 Sep 2023 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59833

Actions (login required)

View Item View Item