PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN SAMBEK KABUPATEN WONOSOBO


Anggita Tia Mustika, 1401418208 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN SAMBEK KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418208 ANGGITA TIA MUSTIKA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sambek diperoleh data bahwa minimnya media pembelajaran IPS, kurangnya sumber belajar, kesulitan siswa dalam memahami materi IPS, hasil belajar siswa pada muatan IPS masih rendah yaitu terdapat 18 dari 42 siswa yang belum mencapai KKM. Maka peneliti mengembangkan media pembelajaran articulate storyline pada muatan pembelajaran IPS. Rumusan masalah ini adalah bagaimana desain pengembangan, kelayakan dan keefektifan media pembelajaran articulate storyline. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji cara mengembangkan, menguji kelayakan,dan menguji keefektifan media articulate storyline. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang dilakukan adalah model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono akan tetapi dalam penelitian ini hanya melakukan 8 tahap yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian dilakukan di SDN Sambek Wonosobo. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sambek sejumlah 42 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah media Articulate Storyline dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, data dokumen, angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran articulate storyline sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 83,3%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 86,6%, kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 89,06%. Media ini efektif digunakan dengan dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,050 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,38 dengan kriteria sedang. Hasil media ini di desain dari halaman cover, petunjuk penggunaan, halaman login siswa, KI, KD, tujuan pembelajaran, materi 1, materi 2 materi 3, video pembelajaran, kuis, motivasi dan biografi pengembang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran articulate storyline sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi peran ekonomi. Saran dari penelitian ini selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran articulate storyline pada materi lain dan dipadukan dengan metode pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran berlangsung efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: articulate storyline, hasil belajar, IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:20
Last Modified: 05 Sep 2023 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59824

Actions (login required)

View Item View Item