PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE ANIMATE CC PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KRIKIL KABUPATEN KENDAL


Idfina Ayu Karunia, 1401418197 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE ANIMATE CC PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KRIKIL KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418197_Idfina Ayu Karunia - Idfina Ayu Karunia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian di SDN 2 Krikil ditemukan permasalahan berupa guru kurang optimal dalam penggunaan media pembelajaran IPA. Sumber belajar dan media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran IPA hanya buku tematik, BUPENA (Buku Penilaian Autentik), gambar, dan video dari youtube ketika pembelajaran daring. Sementara sekolah telah menyediakan sarana seperti LCD dan komputer untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi guru kurang optimal dalam penggunaannya. Keterbatasan guru dalam penggunaan media memberikan dampak yang kurang baik bagi siswa, sehingga siswa kurang tertarik, kurang antusias, dan kurang memahami materi yang disampaikan guru dan hasil belajar IPA rendah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana desain pengembangan, kelayakan dan keefektifan media interaktif berbasis Adobe Animate CC pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 2 Krikil. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media interaktif berbasis Adobe Animate CC pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 2 Krikil. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang telah disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan penelitian dan diadaptasi Sugiyono menggunakan 8 langkah yaitu (1) potensi masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Krikil yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media interaktif berbasis Adobe Animate CC layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 96,67% (sangat layak) dan kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 81,25% (sangat layak). Media interaktif berbasis Adobe Animate CC efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Krikil berdasarkan uji t thitung ≤ - ttabel atau -25,25 ≤ - 1,725, yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan pada hasil pretest dan postest. Untuk hasil uji peningkatan rata-rata (N-gain) menunjukkan bahwa siswa kelas V mengalami peningkatan rata-rata sebesar 0,544 dengan selisih rata-rata 24,05 dan termasuk dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media interaktif berbasis Adobe Animate CC yang dikembangkan layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi zat tunggal dan zat campuran. Saran penelitian selajutnya dapat mengembangkan dan memperbaiki tampilan desain agar lebih efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, interaktif, Adobe Animate CC
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:21
Last Modified: 04 Sep 2023 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59818

Actions (login required)

View Item View Item