KEEFEKTIFAN PENGELOMPOKAN BELAJAR DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn KELAS V SD GUGUS GARUDA KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG


Isna Nugrahaini, 1401418096 (2022) KEEFEKTIFAN PENGELOMPOKAN BELAJAR DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn KELAS V SD GUGUS GARUDA KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418096_Isna Nugrahaini - Isna Nugrahaini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pengelompokan belajar merupakan strategi guru untuk melatih kekompakan dan tanggung jawab serta meningkatkan pemahaman peserta didik. Melalui proses pembelajaran berpusat pada siswa yang saling berinteraksi guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan 1) menguji hasil belajar PPKn dengan penggunaan pengelompokan belajar berdasarkan prestasi dan tempat tinggal siswa 2) menguji keefektifan pengelompokan belajar terhadap hasil belajar PPKn. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequivalet Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus Garuda Kecamatan Tersono Kabupaen Batang yang berjumlah 82 siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik sampling purposive dengan sample yang terdiri dari siswa kelas V SDN Kranggan 02 dan siswa kelas V SDN Tanjungsari. Pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui tingkat kemampuan kognitif siswa pada materi PPKn, observasi digunakan untuk mengamati siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data peserta didik. Teknik analisis statistik yang digunakan berupa uji persyaratan analisis data, dan uji hipotesis yang meliputi uji t-test, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji t-test Thitung(1,476)< Ttabel(2,228) antara pengelompokan belajar berdasarkan tempat tinggal dan prestasi efektif meningkatkan hasil belajar. Keefektifan pengelompokan belajar berdasarkan tempat tinggal yang memiliki kriteria sedang dengan nilai N-Gain 0,56. Keefektifan pengelompokan belajar berdasarkan prestasi yang memiliki kriteria rendah dengan nilai N-Gain 0,09. Simpulan pada penelitian ini terdapat keefektifan pengelompokan belajar terhadap hasil belajar PPKn. Terdapat perbedaan pengaruh pengelompokan belajar berdasarkan tempat tinggal dan prestasi. Pengelompokan belajar berdasarkan tempat tinggal memiliki keefektifan sedang. Adapun pengelompokan belajar berdasarkan prestasi memiliki keefektifan rendah. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan guru dapat meningkatkan hasil belajar PPKn dengan menggunakan strategi pengelompokan belajar berdasarkan tempat tinggal supaya hasil belajar PPKn siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pengelompokan Belajar, PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:44
Last Modified: 01 Sep 2023 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59814

Actions (login required)

View Item View Item