ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK PADA TEMA KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN KELAS II SD NEGERI 03 SURAKARTA SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON


Yosi Dwiana, 1401418090 (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK PADA TEMA KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN KELAS II SD NEGERI 03 SURAKARTA SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418090_YOSI DWIANA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penilaian autentik sangat baik diterapkan di sekolah karena sangat membantu guru dalam memperoleh informasi tentang perkembangan siswa. Namun dalam penerapannya, guru menyatakan bahwa masih merasa kesulitan dalam membagi waktu dan tenaga dalam mengajar dan melakukan penilaian. Untuk itu peneliti memilih judul ini untuk melakukan penelitian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengetahuan kepala sekolah dan guru mengenai penilaian autentik. Juga mengetahui proses pelaksanaan penilaian autentik pada Tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Kelas II SD Negeri 03 Surakarta Suranenggala Kabupaten Cirebon. Serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat penilaian autentik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan catatan lapangan. Penilaian autentik merupakan penilaian yang nyata dan menyeluruh pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang nyata dan menyeluruh Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) kepala sekolah dan guru kelas II di SD Negeri 03 Surakarta Suranenggala Kabupaten Cirebon telah memahami tentang penilaian autentik merupakan penilaian yang nyata dan menyeluruh pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (2) Penilaian kompetensi sikap sudah terlaksana dengan cukup baik akan tetapi teknik penilaian diri belum pernah dilaksanakan. Penilaian autentik berdasarkan kompetensi pengetahuan sudah terlaksana degan baik. Penilaian autentik berdasarkan kompetensi keterampilan sudah terlaksana dengan baik, namun untuk penilaian teknik produk belum bisa terlaksana; (3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan penilaian autentik di SD Negeri 03 Surakarta meliputi fasilitas sekolah, buku guru sebagai pedoman, diskusi antar guru, pelatihan, dan pola kepemimpinan kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambat penilaian autentik di SD Negeri 03 Surakarta yaitu kurangnya sosialisasi, alokasi waktu, dan kurangnya pengetahuan orang tua siswa. Pelaksanaan penilaian autentik di SD Negeri 03 Surakarta Suranenggala Kabupaten Cirebon ini sudah cukup baik. Hampir semua aspek penilaian sudah terlaksana dengan baik kecuali teknik penilaian diri pada aspek sikap dan teknik produk pada aspek keterampilan. Hal tersebut terjadi karena kurangnya sosialisasi mengenai penilaian autentik sehingga guru masih kurang tepat mengalokasikan waktu penilaian yang menyebabkan kurangnya alokasi waktu. Untuk mengetasi hal tersebut, kepala sekolah selalu mengadakan rapat atau diskusi untuk membahas hal-hal yang masih kurang dimengerti dalam penilaian autentik. Saran dalam penelitian ini yaitu diperlukan adanya kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan guru agar pelaksanaan penilaian autentik terlaksana dengan baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis pelaksanaan; Penilaian Autentik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:06
Last Modified: 01 Sep 2023 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59813

Actions (login required)

View Item View Item