HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI DABIN 2 KECAMATAN TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA


Fitri Novita Sari, 1401418072 (2022) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI DABIN 2 KECAMATAN TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418072_FITRI NOVITA SARI_SKRIPSI(Autosaved) (Autosaved) (Autosaved) - Fitri Novita Sari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Kebiasaan belajar dan sumber belajar merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Siswa yang memiliki kebiasaan belajar baik dengan sumber belajar yang memadai maka tingkat keberhasilan belajar dapat tercapai baik. Namun kenyataannya, bahwa hasil belajar siswa belum tercapai secara optimal. Hal ini terbukti terdapat siswa memiliki kebiasaan belajar yang tidak baik dan beberapa siswa memiliki sumber belajar yang kurang memadai. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menguji seberapa besar hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS; (2) Menguji seberapa besar hubungan antara sumber belajar dengan hasil belajar IPS; (3) Menguji seberapa besar hubungan antara kebiasaan belajar dan sumber belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Dabin 2 Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasi. Pada populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Dabin 2 Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora sebanyak 144 siswa dan sampel sebanyak 106 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu kebiasaan belajar, sumber belajar dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara serta dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS, nilai = 0,611 termasuk dalam kategori kuat dan berkontribusi sebesar 37,3% ; (2) terdapat hubungan yang positif dan siginifikan antara sumber belajar dengan hasil belajar IPS , nilai = 0,615 termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 37,8% ; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan sumber belajar dengan hasil belajar IPS , nilai = 0,704 termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 49,5%. Simpulan penelitian ini adalah menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sumber belajar dengan hasil belajar IPS; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan sumber belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Disarankan untuk orang tua dan guru agar menanamkan kebiasaan belajar yang baik kepada siswa dan mampu memanfaatkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan belajar, sumber belajar, hasil belajar IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:44
Last Modified: 01 Sep 2023 02:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59812

Actions (login required)

View Item View Item