HUBUNGAN MINAT BACA DAN KONSENTRASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI Se-GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN WONOTUNGGAL KABUPATEN BATANG


IKA HERAWATI, 1401418063 (2022) HUBUNGAN MINAT BACA DAN KONSENTRASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI Se-GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN WONOTUNGGAL KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418063_IKA HERAWATI - Ika Herawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Minat timbul dalam individu tanpa adanya paksaan. Semakin tinggi minat baca siswa, maka lebih mudah menemukan informasi. Dalam kegiatan membaca diperlukan konsentrasi belajar. Konsentrasi belajar adalah usaha siswa memusatkan perhatiannya pada suatu hal dengan mengesampingkan hal-hal yang tidak berkaitan dengan belajar. Fakta di lapangan terdapat siswa dengan minat baca rendah dan tidak berkonsentrasi saat kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui hubungan minat baca dengan hasil belajar IPS; (2) Mengetahui hubungan minat baca dan konsentrasi belajar dengan hasil belajar IPS; (3) Mengetahui hubungan minat baca dan konsentrasi belajar dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N Gugus R.A Kartini sebanyak 147 siswa, dan sampel penelitian sebanyak 117 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini meliputi minat baca, konsentrasi belajar, dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat baca dengan hasil belajar IPS, nilai r hitung = 0,671, termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 45,1%, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsentrasi belajar dengan hasil belajar IPS, nilai r hitung = 0,723, termasuk dalam kategori serta berkontribusi sebesar 52,3%, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat baca dan konsentrasi belajar dengan hasil belajar IPS, nilai r hitung = 0,782, termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 61,2%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan antara minat baca dengan hasil belajar IPS; (2) terdapat hubungan antara konsentrasi belajar dengan hasil belajar IPS; (3) terdapat hubungan antara minat baca dan konsentrasi belajar dengan hasil belajar IPS. Disarankan satuan pendidikan dan orang tua menyediakan buku bacaan yang menarik serta menggunakan media pembelajaran agar peserta didik lebih fokus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat baca; konsentrasi belajar; hasil belajar IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:50
Last Modified: 31 Aug 2023 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59811

Actions (login required)

View Item View Item