PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD ISLAM SITI SULAECHAH 2 KABUPATEN DEMAK


Esti Cahyani, 1401418020 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD ISLAM SITI SULAECHAH 2 KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401418020 - Esti Cahyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SD Islam Siti Sulaechah 2 Kabupaten Demak terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPA terkait kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT, sumber belajar yang kurangg variatif, dan hasil belajar IPA yang masih rendah. Oleh karena itu peneliti dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan , menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran berbasis blog pada muatan pelajaran IPA materi perpindahan kalor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Research anda Development (R&D). Prosedur penelitian ini dilaksanakan mengacu pada model Borg and Gall meliputi tahap: (1) Potensi dan Masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi desain; (8) uji coba pemakaian. Lokasi penelitian di SD Islam Siti Sulaechah 02 Kabupaten Demak. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa dan dilakukan pada semester genap 2021/2022. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis blog dan variabel terikatnya hasil belajar siswa kelas V SD Islam Siti Sulaechah 02 Kabupaten Demak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, data dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas dan analisis data akhir dengan uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis blog didesain dengan menarik sehingga guru dan siswa memberikan tanggapan sangat positif. Media pembelajaran berbasis blog ini dinyatakan sangat layak karena presentase penilaian ahli materi sebesar 95,3 % dan kelayakan oleh ahli media 93,75 %. Media pembelajaran berbasis blog efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas V khususnya materi perpindahan kalor yang dibuktikan dengan uji t-test dan uji n-gain, didapat hasil uji coba kelompok kecil sig (2-tailed) = 0,003 dan n-gain = 0,654 (kategori sedang). Uji pemakaian kelompok besar yaitu sig (2-tailed) = 0,000 dan n-gain = 0,492 (kategori sedang), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Blog sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Islam Siti Sulaechah 2 Kabupaten Demak. Saran penelitian selanjutnya yaitu guru dapat memberikan motivasi untuk mengembangkan media yang inovatif serta berbasis IT sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Blog; IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:28
Last Modified: 31 Aug 2023 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59807

Actions (login required)

View Item View Item