KEEFEKTIFAN MEDIA LAGU BERBANTUAN APLIKASI TIKTOK DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 1 MOJOWETAN KABUPATEN BLORA


Khusnul Yuni Hanifah, 1401417013 (2022) KEEFEKTIFAN MEDIA LAGU BERBANTUAN APLIKASI TIKTOK DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 1 MOJOWETAN KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401417013_Khusnul Yuni Hanifah - Khusnul Yuni Hanifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar muatan pembelajaran IPS siswa kelas V SD Gugus Langlang Yudho yang disebabkan oleh minimnya pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan data pra penelitian siswa masih menggunakan media konvensional. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran menjadi monoton dan berdampak pada perolehan hasil belajar IPS belum optimal. Maka diperlukan media yang sesuai yaitu media lagu berbantuan aplikasi tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media lagu berbantuan aplikasi tiktok dalam muatan pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen quasi. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus Langlang Yudho Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest, posttest) dan non tes (wawancara, dokumentasi). Analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat meliputi normalitas dan homogenitas. Analisis akhir menggunakan uji-t dan uji n-gain. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 5,625 > ttabel = 2,024 berarti media lagu berbantuan aplikasi tiktok efektif terhadap hasil belajar IPS. Hasil uji n-gain kelas eksperimen (0,451147) lebih tinggi dibandingkan n-gain kelas kontrol (0,263178). Simpulan penelitian ini yaitu media lagu berbantuan aplikasi tiktok efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Saran bagi guru yaitu diharapkan dapat merencanakan pembelajaran dengan media lagu berbantuan aplikasi tiktok. Bagi pihak sekolah diharapkan dapat mendukung dan memfasilitasi penggunaan media lagu berbantuan aplikasi tiktok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPS; keefektifan; media lagu; tiktok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:38
Last Modified: 31 Aug 2023 01:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59803

Actions (login required)

View Item View Item