PENGEMBANGAN PANDUAN PLATFORM PLICKERS BERBASIS FLIPBOOK SEBAGAIPENUNJANG EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 PULAU BESAR KECAMATAN PULAU BESAR KABUPATEN BANGKA SELATAN


Irma Aprilia, 1401417004 (2022) PENGEMBANGAN PANDUAN PLATFORM PLICKERS BERBASIS FLIPBOOK SEBAGAIPENUNJANG EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 PULAU BESAR KECAMATAN PULAU BESAR KABUPATEN BANGKA SELATAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401417004_Irma Aprilia.pdf - Irma Aprilia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan evaluasi hasil belajar berbasis teknologi yang dilaksanakan secara daring di masa pandemi COVID-19 sangat penting untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan peneliti di SDN 1 Pulau Besar, ditemukan permasalahan terkait pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa yang kurang menarik dan belum optimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi guru dalam memanfaatkan teknologi seperti Plickers karena terbatasnya panduan dalam penggunaan aplikasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi platform yang digunakan, mengetahui pengembangan panduan, menguji kelayakan dan mengetahui keterlaksanaan penggunaan panduan platform Plickers berbasis flipbook sebagai penunjang evaluasi hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pulau Besar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE melalui 5 langkah yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan angket. Sampel pada penelitian ini yaitu guru kelas tinggi dengan jumlah 3 guru dan siswa kelas IV dengan jumlah 26 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kebutuhan guru dan siswa, analisis kelayakan, analisis tanggapan guru dan siswa, serta analisis angket keterlaksanaan guru dan siswa. Data penelitian di analisis menggunakan Teknik deskriptif persentase guna menjawab rumusan masalah yang ditetapkan. Hasil penelitian ini adalah panduan platform Plickers dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa melalui model pengembanngan ADDIE membuktikan bahwa panduan platform Plickers berbasis flipbook sangat layak digunakan dengan persentase rata-rata penilaian oleh ahli materi sebesar 94% dan ahli media sebesar 84% mendapatkan kriteria sangat layak. Hasil angket tanggapan guru memperoleh rata-rata persentase 93% dan hasil tanggapan siswa sebesar 94% mendapatkan kriteria sangat layak. Hasil angket keterlaksanaan guru mendapatkan rata-rata persentase sebeasar 90% dan siswa sebesar 94%, sehingga menunjukkan bahwa penggunaan panduan platform Plickers berbasis flipbook dapat terlaksana sebagai penunjang evaluasi dalam kegiatan pembelajaran. Simpulan penelitian ini yaitu panduan platform Plickers memiliki karakteristik yang bisa menjawab tantangan daring yang dikembangkan melalui model pengembangan ADDIE, pengembangan panduan platform Plickers berbasis flipbook layak dan dapat dilaksanakan sebagai penunjang dalam evaluasi hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pulau Besar. Berdasarkan hal tersebut, guru disarankan dapat menggunakan panduan platform Plickers sebagai penunjang evaluasi hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berbasis Teknologi; Plickers; Evaluasi Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:20
Last Modified: 30 Aug 2023 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59794

Actions (login required)

View Item View Item