PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA MTS AL FITHRAH METESEH SEMARANG


Salsabila Khoirunnisa, 1301418091 (2022) PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA MTS AL FITHRAH METESEH SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1301418091_SALSABILA KHOIRUNNISA_FINAL SKRIPSI_EDITED - Salsabila Khoirunnisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Remaja awal pada jenjang Sekolah Menengah Pertama belum tentu memiliki penyesuaian diri yang baik dalam lingkungan barunya dan tidak bisa menghadapi hambatan-hambatan yang ada pada dirinya. Terlebih jika lingkungan sebelumnya berbeda jauh dari sebelumnya seperti halnya di Pondok Pesantren dimana tuntutan�tuntutan pondok pesantren yang sangat dimungkinkan berbeda dengan tuntutan�tuntutan ketika belum berada di pesantren, seperti tuntutan kemandirian, tuntutan tanggung jawab, dan tuntutan akademik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri terhadap regulasi diri siswa yang tinggal di Pondok Pesantren di Mts Al-Fithrah Meteseh Semarang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 65 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala psikologis regulasi diri dan skala psikologis penyesuaian diri dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi liniear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh regulasi diri baik dalam penetapan standar dan tujuan, observasi diri, evaluasi diri, reaksi diri, dan refleksi diri sebesar 58,8%. Artinya, semakin tinggi regulasi diri siswa, maka semakin tinggi pula penyesuaian dirinya, dan sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan bagi guru BK yaitu untuk memberikan layanan dengan tujuan meningkatkan regulasi diri dan penyesuaian diri, sedangkan bagi kepala sekolah dapat menjadi saran dalam menerapkan kebijakan yang mendukung regulasi diri dan penyesuaian diri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: regulasi diri, penyesuaian diri, pesantren.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:36
Last Modified: 30 Aug 2023 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59790

Actions (login required)

View Item View Item