Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Think Pair Share ( TPS) dan Numbered Head Together (NHT) mata pelajaran sosiologi pokok bahasan sosialisasi pada siswa kelas X SMA N 1 Karangtengah Kabupaten Demak


Fitri Dyah Pusporini , 3501406533 (2011) Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Think Pair Share ( TPS) dan Numbered Head Together (NHT) mata pelajaran sosiologi pokok bahasan sosialisasi pada siswa kelas X SMA N 1 Karangtengah Kabupaten Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Think Pair Share ( TPS) dan Numbered Head Together (NHT) mata pelajaran sosiologi pokok bahasan sosialisasi pada siswa kelas X SMA N 1 Karangtengah Kabupaten Demak]
Preview
PDF (Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Think Pair Share ( TPS) dan Numbered Head Together (NHT) mata pelajaran sosiologi pokok bahasan sosialisasi pada siswa kelas X SMA N 1 Karangtengah Kabupaten Demak) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru dapat menerapkan berbagaimodel pembelajaran, seperti dipilih dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran think pair share dan numbered head together. Kedua model tersebut merupakan suatu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi di kelas, karena memberi kesempatan siswa untuk berpikir berkelompok atau bersama-sama sehingga memberikan banyak waktu kepada siswa untuk berfikir bersama-sama. Dengan model pembelajaran ini, siswa dapat saling membantu memecahkan masalah sehingga dapat mengoptimalisasi partisipasi siswa. Peneliti dalam penelitian ini membandingkan dua model pembelajaran tersebut apabila diterapkan pada pokok bahasan sosialisasi. Masalah dalam penelitian ini: (1) bagaimana hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Karangtengah yang diajarkan menggunakan model pembelajaran think pair share, (2) bagaimana hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Karangtengah yang dianjarkan menggunakan model pembelajaran numbered head together, (3) adakah perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Karangtengah yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dan numbered head together. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas siswa kelas X SMA N 1 Karangtengah yang berjumlah 274 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.2 sebagai kelas eksperimen I yang diberi perlakuan model pembelajaran think pair share dan kelas X.3 sebagai kelas eksperimen II yang diberi perlakuan model pembelajaran numbered head together. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumen dan tes. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan sosialisasi dengan menggunakan model pembelajaran think pair share adalah 79,68 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan sosialisasi dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together adalah 88,44. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan adanya perbedaan, hal ini ditunjukan uji t diperoleh thitung -4,745 > ttabel 2,00 yang berada pada daerah penolakan Ho untuk α = 5% dengan dk = 34+34 - 2 = 66. Dengan demikian disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA N 1 Karangtengah mata pelajaran sosiologi pokok bahasan sosialisasi lebih baik diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran think pair share.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran think pair share,numbered head together, hasil belajar, sosiologi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Oct 2011 06:25
Last Modified: 25 Apr 2015 06:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5979

Actions (login required)

View Item View Item