HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEMATANGAN KARIER PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 11 SEMARANG


Fadila Fajri Savawi, 1301418048 (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEMATANGAN KARIER PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1301418048_FADILA FAJRI S_SKRIPSI UTUH - Fadila Fajri Savawi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Siswa SMA berada di tahap usia perkembangan remaja, pada usia tersebut siswa dihadapkan oleh rasa kekhawatiran dan kebingungan terkait pandangan di masa depan. Hal ini dikarenakan salah satu tugas perkembangan remaja adalah mempersiapkan perencanaan karier serta mempertimbangkan pilihan karier, sehingga dibutuhkan adanya kematangan karier. Remaja yang memiliki perencanaan karier terkait pekerjaan yang diminati di masa depan akan mempermudah remaja dalam memilih sekolah lanjutan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Dalam menentukan pilihan karier terdapat faktor dari dalam diri maupun dukungan dari lingkungan sosial yang dapat mempengaruhi hasil pilihan karier siswa. Tujuan penelitian ini digunakan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dan dukungan sosial dengan kematangan karier pada siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, sedangkan pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan teknik cluster random sampling. Total populasi sejumlah 504 siswa dengan mendapatkan sampel penelitian sejumlah 218 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologis dari variabel skala self regulated learning, skala dukungan sosial dan skala kematangan karier. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self regulated learning dan dukungan sosial dengan kematangan karier dengan nilai sig (p=0,000; p<0,05) serta kedua variabel independen memberikan kontribusi terhadap kematangan karier sebesar 38,8%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kematangan karier, self regulated learning, dukungan sosial, siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:23
Last Modified: 29 Aug 2023 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59780

Actions (login required)

View Item View Item