HUBUNGAN ANTARA HASIL PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN KEDISIPLINAN SISWA SMA TAKHASUS AL QUR’AN WONOSOBO


Amilatus Shodiqoh, 1301418039 (2022) HUBUNGAN ANTARA HASIL PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN KEDISIPLINAN SISWA SMA TAKHASUS AL QUR’AN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1301418039_ Amilatus Shodiqoh_ SKRIPSI LENGKAP - Amilatus Shodiqoh.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan kedisiplinan merupakan hal yang patut untuk diperhatikan, karena perilaku disiplin dapat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan keprihatinan peneliti terhadap kedisiplinan siswa. Hal ini terjadi di SMK Wiratamna 45.2, persentase siswa melanggar peraturan hingga mencapai 30% dari jumlah siswa. Selanjutnya dilakukan studi awal yang dilakukan peneliti di SMK Wiratama 45.2 dan SMA Takhassus Al Qur’an Wonosobo, ditemukan bahwa tingkat kedisiplinan siswa di SMA Takhassus Al Qur’an Wonosobo lebih tinggi. Kedisiplinan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang meliputi: pengaruh pendidikan keluarga, sifat dasar pada anak, dan pengaruh lingkungan belajar anak (Jenifer, 2014). Hal tersebut menjadikan peneliti ingin mengetahui apakah terdapat hubungan antara hasil pendidikan karakter dengan kedisiplinan siswa di SMA Takhassus Al Qur'an Wonosobo, yang sekolah merupakan sekolah yang berbasis pondok pesantren. Peneliti Pada penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Ferdinandus Etuasius Dole (2021) mengenai Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar dihasilkan bahwa, pengaruh pendidikan karakter berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik. Pendekatan dan desain penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 11 dan kelas 12, dengan sampel yang digunakan sejumlah 270 diperoleh dari perhitungan rumus Slovin. Intrumen yang digunakan yaitu skala hasil pendidikan karakter dan skala kedisiplinan dengan masing-masing variabel terdiri dari 40 butirsoal. Analisis data pada uji hipotesis adalah uji korelasional Product Moment Pearson. Dari analisis deskriptif pada penelitian hubungan antara hasil pendidikan karakter dengan kedisiplinan, diperoleh hasil bahwa tingkat hasil pendidikan karakter dan kedisiplinan terdapat pada rentang sedang cenderung tinggi, dan dari hasil uji korelasi diketahui bahwa nilai signifikansi kedua variabel tersebut adalah 0,000 (p=0,000<0,05). Sehingga berdasarkan pengambilan keputusan nilai signifikansi, hasil pendidikan karakter memiliki hubungan dengan kedisiplinan, dan diperoleh nilai pearson correlation atau (rx dan ry) bernilai positif, maka dapat dikatakan bahwa variabel pendidikan karakter dan kedisiplinan memiliki hubungan yang positif. Serta didapati hasil nilai korelasi sebesar 0,926 yang terdapat pada rentang 0,81-1.00 maka memperoleh hasil bahwa antara hasil pendidikan pendidikan karakter dengan kedisiplinan memiliki derajat korelasi yang sempurna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kedisiplinan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:07
Last Modified: 29 Aug 2023 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59778

Actions (login required)

View Item View Item