HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DAN PENERIMAAN DIRI DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA SMP NEGERI 1 TLOGOMULYO DI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021
Diah Ayu Anggraeni, 1301416048 (2022) HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DAN PENERIMAAN DIRI DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA SMP NEGERI 1 TLOGOMULYO DI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena masih adanya keterampilan sosial yang rendah yang dimiliki siswa dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini membahas mengenai hubungan antara konformitas dan penerimaan diri dengan keterampilan sosial pada siswa SMP Negeri 1 Tlogomulyo di Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2020/2021. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui tingkat keterampilan sosial pada siswa, 2) untuk mengetahui tingkat konformitas pada siswa, 3) Untuk mengetahui tingkat penerimaan diri pada siswa, 4) untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan keterampilan sosial pada siswa, 5) untuk mengetahui hubungan antara penerimaan diri dengan keterampilan sosial pada siswa, 6) untuk mengetahui hubungan antara konformitas dan penerimaan diri dengan keterampilan sosial pada siswa. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel yang dgunakan dalam penelitian ini sebanyak 205 siswa dari seluruh populasi sebanyak 536 siswa yang ditentukan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala keterampilan sosial, skala konformitas dan skala penerimaan diri. Validitas intrumen pada penelitian menggunakan rumus product moment. Sedangkan reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukan tingkat keterampilan sosial berada pada kategori yang tinggi (M= 3,128), tingkat konformitas pada siswa berada pada kategori yang tinggi (M=3,066), dan tingkat penerimaan diri pada siswa berada pada kategori tinggi (M=3,028). Hasil analisis regresi ganda menunjukkan adaya hubungan positif antara konformitas dan keterampilan sosial (t=8,230, β=0,512, p<0,05), terdapat hubungan yang positif antara penerimaan diri dengan keterampilan sosial (t=4,901, β=0,305, p<0,05), terdapat hubungan yang positif antara konformitas dan penerimaan diri dengan keterampilan sosial (R=0,750, R2=0,563, F=130,045, p<0,05). Saran yang diberikan dalam penelitian ini untuk guru BK atau sekolah dapat meningkatkan fasilitas dan layanan yang memadahi untuk mempertahankan tingkat keterampilan sosial mengingat keterampilan sosial yang dimiliki sudah tinggi. Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk mengambil variabel prediktor lain, mengingat masih ada 43,7% yang mempengaruhi keterampilan sosial . Untuk masyarakat agar dapat membantu siswa dengan menciptakan lingkungan yang mendukung untuk perkembangan keterampilan sosial remaja.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Sosial, Konformitas, Penerimaan Diri, Siswa. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 03:41 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 03:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59775 |
Actions (login required)
View Item |