PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF DENGAN BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF SEBAGAI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA OLEH ANAK DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR ANAK HEBAT (AHE) UNIT 4253 KOTA SEMARANG


ANIF MAAS SYAROF, 1201418061 (2022) PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF DENGAN BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF SEBAGAI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA OLEH ANAK DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR ANAK HEBAT (AHE) UNIT 4253 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1201418061_Anif Maas Syarof - Anif Maas Syarof.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran pada bimbingan belajar untuk anak TK membutuhkan media, contohnya yaitu media kartu huruf. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran dengan media kartu huruf; (2) evaluasi dari pembelajaran media kartu huruf; (3) kendala yang dihadapi dalam penggunaan media kartu huruf; dan (4) dampak dari penggunaan media kartu huruf. Desain yang digunakan penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitiannya yaitu tiga tutor, sedangkan informannya yaitu kepala lembaga Anak Hebat unit 4253, lima murid, dan lima orang tua murid. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan metode. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media kartu huruf dimulai dari kegiatan pembuka diisi dengan senam otak dan remedi, kemudian kegiatan inti dengan membaca, menulis, dan pengayaan, serta kegiatan penutup yaitu bermain media kartu huruf dengan pilihan gawangan, tangkas mata, dan siapa cepat atau sesuai keinginan anak; (2) capaian media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca oleh anak; (3) keterbatasan dalam jumlah game, waktu, dan inovasi dalam permainan, serta motivasi dari dalam diri anak itu sendiri menjadi kendala penggunaan media kartu huruf; dan (4) peningkatan kemampuan membaca pada anak dari semula yang belum mengenal huruf sama sekali, sampai menjadi lancar membacanya. Simpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media kartu huruf dapat dilakukan dengan permainan gawangan, tangkas mata, siapa cepat, serta permainan yang dibuat oleh tutor atau anak itu sendiri. Evaluasi media kartu huruf yaitu tercapainya dalam memberikan pengertian dan pemahaman lebih cepat untuk anak. Kendala yang dihadapi yaitu keterbatasan jumlah game, waktu, inovasi, dan kendala dari dalam diri anak sendiri. Dampak penggunaan media kartu huruf menjadi memudahkan dalam pengenalan, pemahaman, dan kemampuan anak dalam membaca. Saran penelitian: kepada Kepala Lembaga Anak Hebat Unit 4253 untuk memperbaiki media kartu huruf; kepada tutor untuk memberikan pelayanan terbaik, mengembangkan kreativitas pada permainan kartu huruf; dan kepada orang tua murid supaya mengulang materi yang sudah diajarkan di lembaga AHE.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Media Pembelajaran, Media Kartu Huruf
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:20
Last Modified: 29 Aug 2023 03:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59774

Actions (login required)

View Item View Item