HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) DAN INTERAKSI IBU DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI PAUD NONFORMAL KECAMATAN GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG


Istikmaliyah, 1201418040 (2022) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) DAN INTERAKSI IBU DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI PAUD NONFORMAL KECAMATAN GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1201418040_Istikmaliyah - Istikmaliyah Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Self efficacy atau kepercayaan diri dan interaksi ibu dengan anaknya dinilai sangat penting terjalin dengan baik dalam proses perkembangan anak usia dini, terutama dalam proses perkembangan bahasa anak. Melalui kepercayaan diri ibu yang baik dan interaksi ibu yang baik pula dinilai akan mendorong hasil perkembangan bahasa anak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) apakah terdapat hubungan antara ketiga variabel; (2) seberapa besar hubungan antar variabel; (3) arah hubungan yang terjalin antar variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan memberikan langsung kepada ibu-ibu sampel penelitian. Teknik sampling menggunakan cluster sampling, dan didapatkan sebanyak 167 responden dari 7 area yang terpilih. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistika inferensial analisis korelasi. Penelitian menunjukkan hasil (1) terdapat hubungan antara variabel self efficacy dengan perkembangan bahasa anak sebesar 0,232 serta terdapat hubungan juga antara variabel interaksi dengan perkembangan bahasa anak sebesar 0,177; (2) besar hubungan antara variabel self efficacy dengan perkembangan bahasa 0,232 yang dapat dikategorikan memiliki derajat hubungan yang rendah, sedangkan besar variabel interaksi dengan perkembangan bahasa 0,177 dimana termasuk dalam kategori derajat hubungan yang sangat rendah; (3) arah hubungan menunjukkan arah hubungan yang positif. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa self efficacy dan interaksi ibu masih rendah sehingga mempengaruhi hasil perkembangan bahasa anak. Hal tersebut dapat ditingkatkan dengan memperdalam pengetahuan ibu mengenai cara menghadapi perkembangan bahasa anak agar kepercayaan diri ibu menambah serta menerapkan interaksi yang lebih baik kepada anak, dengan self efficacy dan interaksi ibu yang baik dengan anak akan membuat perkembangan bahasa anaknya baik. Saran yang peneliti berikan yaitu (1) perlunya meningkatkan kepercayaan diri serta intensitas interaksi ibu dengan anaknya, hal tersebut dapat ibu lakukan dengan membaca buku tentang parenting kepada anak sehingga ibu lebih percaya diri dalam menghadapi perkembangan anak serta interaksi dapat ditingkatkan dengan selalu memberikan ruang kepada anak untuk berpendapat dengan cara tersebut anak akan berinteraksi dengan ibu; (2) perlunya dalam mengontrol perkembangan bahasa anak sesering mungkin dengan metode sederhana seperti bercerita dan anak diminta untuk menanggapi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Interaksi, Perkembangan Bahasa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:09
Last Modified: 29 Aug 2023 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59773

Actions (login required)

View Item View Item