Korelasi Antara Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara

Achmad Fani Aziz , 2302406005 (2011) Korelasi Antara Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Korelasi Antara Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Aspek kosakata dan tata bahasa merupakan aspek penting dalam menunjang kemampuan berbahasa yang terdiri dari kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Dari keempat kemampuan berbahasa tersebut bisa dikelompokkan menjadi kemampuan reseptif dan kemampuan produktif. Meskipun kedua kemampuan tersebut (reseptif dan produktif) mempunyai peranan yang penting untuk menunjang kemampuan berkomunikasi, tetapi ketika berkomunikasi dengan orang lain akan lebih terlihat dari kemampuan produktifnya. Dalam hal ini adalah kemampuan berbicara yang seharusnya dimiliki oleh pembelajar. Hal ini dikarenakan kemampuan berbicara membutuhkan penguasaan berbagai unsur kebahasaan diantaranya kosakata, tatabahasa, pola kalimat dan lain sebagainya serta unsur diluar bahasa itu sendiri misalnya budaya, cara berfikir, kebiasaan dan lain-lain. Bagi para pembelajar bahasa Jepang dalam kegiatan berbicara, penguaaan kosakata mempunyai peranan yang penting. Untuk menguasai kosakata bahasa Jepang tidaklah cukup hanya dengan mengetahui cara membaca, menulis atau artinya saja, tetapi juga harus memahami cara penggunaan kosakata. Mengingat pentingnya penguasaan kosakata dalam berbicara bahasa Jepang, diperkirakan terdapat korelasi antara penguasaan kosakata bahasa Jepang dengan kemampuan berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang memaparkan hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara bahasa Jepang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mengambil data mengenai nama dan jumlah siswa yang menjadi responden penelitian. Metode tes digunakan untuk mengambil data berupa penguasaan kosakata dan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa. Analisa hasil tes menunjukkan bahwa hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment adalah 0,695 yang lebih besar dari pada nilai r kritik Product Moment yaitu 0,339 pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara penguasaan kosakata dan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Korelasi, Kosakata, Berbicara
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 20 Oct 2011 01:58
    Last Modified: 20 Oct 2011 01:59

    Actions (login required)

    View Item