Persepsi Guru pamong terhadap kompetensi Profesional Mahasiswa Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi Pada Pelaksanaan PPL tahun 2009 dan 2010 Se Kabupaten Semarang


Chrisna Urma Endrayani , 5401406012 (2011) Persepsi Guru pamong terhadap kompetensi Profesional Mahasiswa Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi Pada Pelaksanaan PPL tahun 2009 dan 2010 Se Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Guru pamong terhadap kompetensi Profesional Mahasiswa Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi Pada Pelaksanaan PPL tahun 2009 dan 2010 Se Kabupaten Semarang]
Preview
PDF (Persepsi Guru pamong terhadap kompetensi Profesional Mahasiswa Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi Pada Pelaksanaan PPL tahun 2009 dan 2010 Se Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Profesionalitas seorang guru ditentukan oleh empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi professional. Penelitian ini akan mengungkap kompetensi profesional yang tampak dalam proses pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan menurut persepsi guru pamong. Kompetensi Profesional yang akan diungkap mengenai(1)Bagaimanakah persepsi guru pamong tentang tingkat kemampuan mahasiswa PPL dalam menguasai struktur dan materi bidang studi?(2)Bagaimanakah persepsi guru pamong tentang tingkat kemampuan mahasiswa PPL dalam menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan komunikasi dalam pembelajaran?(3)Bagaimana persepsi guru pamong tentang tingkat kemampuan mahasiswa PPL dalam mengorganisasikan materi kurikulum bidang studi? Tujuan penelitian ini ialah(1)Untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi mahasiswa PPL dalam menguasai struktur dan materi bidang studi Tata Busana dan Tata Boga.(2)Untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi mahasiswa PPL dalam menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dan komunikasi dalam pembelajaran bidang studi Tata Busana dan Tata Boga.(3)Untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi mahasiswa PPL dalam mengorganisasikan materi kurikulum bidang studi Tata Busana dan Tata Boga. Manfaat penelitian ini adalah (1)Bagi Mahasiswa,dapat digunakan sebagai salah satu pendorong mahasiswa sebagai calon guru yang nantinya dapat menjadi guru yang memliki kompetensi profesional.(2)Bagi Guru Pamong,dapat digunakan sebagai masukan yang berfungsi sebagai umpan balik atas pelaksanaan PPL.(3)Bagi dosen pembimbing,dapat digunakan sebagai salah satu pedoman untuk mengarahkan dan membimbing mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah guru yang menjadi pamong belajar saat PPL mahasiswa jurusan TJP di SMK Se Kabupaten Semarang tahun 2009 dan 2010 sejumlah 25 guru pamong. Metode pengumlan data menggunakan angket (metode utama), observasi, dokumentasi,dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah uji analisis deskriptif presentase Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mahasiswa PPL dalam menguasai struktur dan materi bidang studi adalah cukup baik ( 43,91 %). Kemampuan mahasiswa PPL dalam pemanfaatan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dan komunikasi pembelajaran adalah baik ( 44.95%). Kemampuan mahasiswa PPL dalam mengoraganisasikan kurikulum bidang studi adalah cukup baik ( 41,89%). Simpulan penelitian ini adalah Persepsi guru pamong tentang kemampuan mahasiswa Jurusan TJP yang melaksanakan PPL dalam penguasaan struktur materi bidang studi adalah cukup baik. Persepsi Guru Pamong tentang kemampuan mahasiswa Jurusan TJP yang melaksanakan PPL dalam pemanfaatan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dan komunikasi dalam pembelajaran adalah baik. Persepsi guru pamong tentang kemampuan mahasiswa Jurusan TJP yang melaksanakan dalam mengorganisasi kurikulum bidang studi adalah cukup baik. Beberapa saran yang dapat peneliti ajukan :(1) Perlunya ditingkatkan kemampuan mahasiswa PPL Jurusan TJP dalam mengasah kemampuan mengajarnya. (2) Perlunya ditambahkan bekal yang lebih untuk mahasiswa PPL UNNES untuk tahun tahun selanjutnya dengan pengayaan kemampuan mengajar sebelum dimulainya program PPL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru Pamong, Kompetensi profesional.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Oct 2011 04:33
Last Modified: 25 Apr 2015 06:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5976

Actions (login required)

View Item View Item