IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURSUS MENGEMUDI DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP DI PKBM CITRA ILMU UNGARAN KABUPATEN SEMARANG


Wahyu Ariyanto, 1201417059 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURSUS MENGEMUDI DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP DI PKBM CITRA ILMU UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1201417059_Wahyu Ariyanto - Wahyu Ariyanto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan akan kursus mengemudi sebagai kemampuan yang harus dikuasai termasuk pengetahuan dan keterampilan dalam mengemudi mobil sehingga berkendara dengan baik dan benar menjadi suatu kecakapan personal yang harus dimiliki. Penelitian ini mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran kursus mengemudi yang dilakukan oleh PKBM. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai proses pembelajaran kursus mengemudi. Melakukan wawancara dengan kepala Lembaga, dua instruktur mengemudi dan enam peserta kursus. Dilengkapi dengan dokumentasi berupa foto dan dokumen pembelajaran dalam kursus mengemudi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran kursus mengemudi dalam meningkatkan kecakapan hidup di PKBM Citra Ilmu Ungaran terdiri dari perencanaan yang diawali dengan identifikasi kebutuhan pada masyarakat setelah itu memuat jadwal peserta didik dan materi pembelajaran. sumber belajar terdiri dari instruktur yang sudah lulus uji kompetensi dan media pembelajaran serta sarana prasarana yang sudah memadai. Pada pelaksanaan pembelajaran memuat kegiatan praktik langsung lapangan. Alokasi waktu pembelajaran paket 5 jam dan 10 jam dalam per paket. Evaluasi saat pembelajaran sedang berlangsung serta uji kompetensi. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran berasal dari instruktur, metode pembelajaran, fasilitas, bahan ajar dan peserta kursus. Sedangkan faktor penghambat berasal dari faktor, manajemen waktu peserta dan kemampuan peserta didik yang berbeda beda atau kurang fokus dalam melaksanakan pembelajaran mengemudi. Implementasi pembelajaran kursus mengemudi terdapat serangkaian proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, sehingga proses dan hasil dari pembelajaran dapat sesuai dengan apa yang dibutuhkan peserta kursus. Saran peneliti yakni memaksimalkan waktu proses pembelajaran dengan baik serta mengontrol fasilitas maupun sarana prasarana secara berkala sehingga hasil yang didapatkan dapat maksimal. Manfaat dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi masyarakat luas yang mampu menjadi referensi dan bisa dikembangkan menjadi lebih sempurna

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi pembelajaran, Kursus Mengemudi, Kecakapan Hidup, PKBM Citra Ilmu
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:37
Last Modified: 28 Aug 2023 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59757

Actions (login required)

View Item View Item