ANALISIS KENDALA GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023


Muhammad Alfaniam Alfaied, 1102418071 (2022) ANALISIS KENDALA GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1102418071- Muhammad Alfaniam Alfaied.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merupakan unsur penting dalam perkembagan pendidikan, oleh karena itu perkembangan dilakukan untuk mencapai kondisi yang ideal. Pada awal tahun 2022 ini pemerintah menerapkan kebijakan baru yaitu Kurikulum Merdeka. Tujuan dari penerapan Kurikulum Merdeka adalah untuk mendukung pemulihan pembelajaran karena learning loss. Selain itu, dengan adanya Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memberikan keluasan bagi sekolah dalam merancang kurikulum. Dalam penerapan Kurikulum Merdeka guru memiliki peran penting sebagai pengembang dan pelaksana kebijakan tersebut. Dengan adanya kebijakan baru tersebut, banyak perubahan dari kurikulum sebelumnya yang berpotensi memberikan kendala bagi guru dalam penerapannya. Berdasarkan hasil observasi awal, guru belum memahami secara menyeluruh tentang Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan Kurikulum Merdeka memberikan kendala bagi guru. Beberapa kendala yang dialami guru diantaranya: kesiapan guru, kurangnya pemahaman guru, perangkat ajar yang rumit, kesulitan menyusun strategi pembelajaran, dan kesulitan mengidentifikasi siswa dalam penilaian. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi sebagai bahan evaluasi bagi guru dan sekolah terkait penerapan Kurikulum Merdeka. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu dapat mengembangkan penelitian serupa dengan mengganti subjek atau menambahkan variabel penelitian untuk mengetahui gambaran lebih luas mengenai kendala penerapan Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum merdeka, kendala guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:25
Last Modified: 28 Aug 2023 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59756

Actions (login required)

View Item View Item