PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERTEKNOLOGI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM UPAYA MENGHADAPI PERUBAHAN SOSIAL PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA


Ditya Febriana, 1102418023 (2022) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERTEKNOLOGI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM UPAYA MENGHADAPI PERUBAHAN SOSIAL PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1102418023_DITYA FEBRIANA - Ditya Febriana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini teknologi digital menjadi hal yang tidak dapat terlepas dari kehidupan sehari-hari. Masyarakat Indonesia sendiri telah sadar akan pentingnya berteknologi digital (melek teknologi) yang dapat dilihat dari peningkatan jumlah penggunaan internet di Indonesia sebesar 1% dari tahun sebelumnya. Namun secara bersamaan ditemukan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih rendah, hal ini menjadi pendukung terjadinya peningkatan kejahatan digital dan menjadi salah satu ancaman hancurnya psikologi dan kepribadian generasi muda di Indonesia. Literasi digital adalah kemampuan untuk memperoleh, mengevaluasi, dan mengelola informasi sebelum digunakan dan dibagikan. Dalam dunia pendidikan penerapan kurikulum merdeka menjadi solusi dari pemerintahan untuk mengatasi krisis pembelajaran dan mengasah daya pikir kritis dalam pemecahan masalah dengan memanfaatkan teknologi digital di era digital. Literasi digital dalam penerapan kurikulum merdeka memberikan pengetahuan dan kemampuan pendidik dan peserta didik untuk mencari, memperoleh, dan menggunakan informasi digital dengan aman dan kreatif dalam proses pembelajaran dan kegiatan sehari-hari, untuk membekali peserta didik dalam persaingan dunia digital. Sekolah dasar menjadi jenjang awal dalam mengenal literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari literasi digital terhadap kemampuan berteknologi pendidik dan peserta didik dalam perubahan sosial penerapan kurikulum merdeka. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, pendekatan desain non-experiment. Penelitian dilakukan kepada pendidik dan peserta didik kelas 1 dan 4 SD N Panggang 1 Jepara yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan literasi digital terhadap kemampuan berteknologi pendidik sebesar 71% dan pada peserta didik diperoleh angka sebesar 60% pada peserta didik kelas 1 dan 15% pada peserta didik kelas 4 pada perubahan sosial penerapan kurikulum merdeka serta penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar negeri panggang 1 Jepara menunjukkan bahwa pendidik dan peserta didik terus bekerja sama dan termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuan berteknologi sebagai upaya menghadapi perubahan sosial penerapan kurikulum merdeka. Diharapkan dengan pengenalan dan pendalaman literasi digital pendidik kepada peserta didik mampu memberikan edukasi untuk berteknologi secara aman dan nyaman serta kemampuan literasi digital dan kemampuan berteknologi pendidik dan peserta didik dapat di tingkatkan dengan mengikuti pelatihan dan lebih banyak menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Keterampilan Berteknologi Peserta didik, Keterampilan Berteknologi Pendidik, Perubahan Sosial, Penerapan Kurikulum Merdeka
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:07
Last Modified: 25 Aug 2023 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59754

Actions (login required)

View Item View Item