PERAN KEPEMIMPINAN GURU PENGGERAK BAGI PERUBAHAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 BANYUDONO
Jozuna Aziz Kusuma Mukti, 1102418022 (2022) PERAN KEPEMIMPINAN GURU PENGGERAK BAGI PERUBAHAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 BANYUDONO. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Hadirnya guru penggerak di sekolah SMA Negeri 1 Banyudono bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di SMA Negeri 1 Banyudono dengan mengembangkan rangkaian kebijakan merdeka belajar untuk memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar senyaman mungkin dalam suasana bahagia tanpa ada rasa tertekan. Adanya program dari pemerintah yang memberikan pelatihan untuk guru penggerak sebagai wujud dari perbaikan pendidikan Indonesia diharapkan guru mampu memberikan perubahan pembelajaran yang nyaman dengan berpusat kepada peserta didik menumbuhkan karakter yang baik dan siswa berprestasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesiapan penerapan peran guru penggerak di SMA N 1 Banyudono yang memberikan dampak baik bagi pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berpusat kepada peserta didik sehingga memberikan rasa nyaman dan senang saat pembelajaran selain itu guru penggerak juga aktif berinteraksi dalam kegiatan disekolah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data setelah melakukan penelitian dengan diakhiri analisis data yang membuat interpretasi sesuai makna yang didapat dari perbandingan informasi yang diperoleh dari teori. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi melalui wawancara bersama kepala sekolah sebagai pengelola atau mengkoordinir kegiatan yang ada disekolah, guru penggerak sebagai penggerak komunitas belajar untuk rekan guru yang ada disekolah menjadi pengajar praktik bagi rekan guru kerja lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah menjadi lebih baik, rekan guru penggerak menerima materi yang didapatkan dari guru penggerak dan membantu melaksanakan program yang diadakan oleh guru penggerak, dan murid sebagai penerima materi pembelajaran yang diberikan oleh guru penggerak dengan pembelajaran yang diharapkan siswa. Hasil peneilitian menunjukan bahwa peran guru penggerak di SMA Negeri 1 Banyudono membawa perubahan pembelajaran kearah yang lebih baik dengan memberikan pembelajaran berdiferensiasi yang menyenangkan kepada peserta didik agar tetap antusias dalam belajar, mendidik karakter peserta didik sebagai tugas guru tidak sekedar mendidik dan memberikan materi akademik saja, namun guru diharapkan bisa menanamkan nilai nilai positif bagi peserta didik. Guru penggerak juga memberikan dorongan kepada rekan sejawat untuk bersama memajukan pembelajaran di sekolah dengan sharing pengalaman dan memfasilitasi peserta didik apabila terdapat kesulitan dalam menerima pembelajaran dikelas. Implikasi penelitian ini bagi teknologi pendidikan sebagai pendidik di era 4.0 guru harus mampu memanfaatkan teknologi untuk membantu menunjang pembelajaran agar lebih efektif dan menarik serta mampu mengatasi masalah teknis pembelajaran dan juga sebagai menjawab permasalahan yang dialami saat pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran kepemimpinan, Guru Penggerak, Proses Pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 03:31 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 03:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59753 |
Actions (login required)
View Item |