PENGEMBANGAN MODEL GERAKAN LITERASI SEKOLAH BERBASIS ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DASAR SISWA SMP NEGERI 39 SEMARANG TAHUN 2022/2023


Avita Dara Hardani, 1102418017 (2022) PENGEMBANGAN MODEL GERAKAN LITERASI SEKOLAH BERBASIS ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DASAR SISWA SMP NEGERI 39 SEMARANG TAHUN 2022/2023. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1102418017-AVITA DARA HARDANI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Literasi merupakan faktor penting dalam upaya membangun fondasi terwujudnya masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif, dan berkarakter. Sesuai dalam sasaran pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, literasi menjadi salah satu kunci pengembangan sumber daya manusia dalam mendukung Visi Indonesia 2045. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) menjadi solusi pengembangan kemampuan literasi siswa di sekolah. Namun berdasarkan observasi yang telah dilakukan, GLS di SMPN 39 Semarang belum berjalan selama pandemi dan sampai saat ini. Maka dari itu peneliti mengembangkan model GLS berbasis online untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di SMPN 39 Semarang. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (RnD) dengan pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa sangat berantusias dalam menggunakan produk glsvirtual.com dengan pemanfaatan Ruang Literasi, Ruang Jurnal, dan Ruang Ekspresi. Hasil penilaian ahli media, ahli materi, dan tanggapan pengguna menyatakan produk sangat layak dan dapat digunakan di SMPN 39 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: GLS; Gerakan Literasi Sekolah; Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Online; Kemampuan Literasi Dasar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:59
Last Modified: 25 Aug 2023 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59752

Actions (login required)

View Item View Item