EVALUASI PENYELENGGARAAN E-LEARNING DI PKBM ANUGRAH BANGSA SEMARANG DENGAN MODEL DISCREPANCY


Sri Mulyani, 1102417083 (2022) EVALUASI PENYELENGGARAAN E-LEARNING DI PKBM ANUGRAH BANGSA SEMARANG DENGAN MODEL DISCREPANCY. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1102417083_SRI MULYANI - Sri Mulyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek pengelolaan penyelenggaraan e�learning dan efektifitas e-learning sebagai media pembelajaran di PKBM Anugrah Bangsa Semarang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif inferensial dengan menggunakan evaluasi model discrepancy. Sampel penelitian sebanyak 22 tutor dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket atau kuesioner dan observasi. Teknik analisis data menggunaka SPSS untuk menghitung uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penyelenggaraan e-learning di PKBM Anugrah Bangsa Semarang sesuai dengan standar mutu pelaksanaan e-learning. Pada komponen perencanaan pembelajaran tergolong cukup efektif dengan kecenderungan 86%, komponen perancangan dan pembuatan materi tergolong cukup efektif dengan kecenderungan 81%, komponen penyampaian materi tergolong cukup efektif dengan kecenderungan 73%, komponen interaksi pembelajaran tergolong cukup efektif dengan kecenderungan 79%, komponen evaluasi tergolong cukup efektif dengan kecnderungan 79%. Pelaksanaan pembelajaran e-learning sebagai media pembelajaran di PKBM Anugrah Bangsa Semarang secara keseluruhan cukup efektif dengan tingkat kecenderungan 64%. Dan bagi sekelompok pengajar, pelaksaan e-learning dalam klasifikasi efektif dengan tingkat kecenderungan 36%. Dan E-learning di PKBM Anugrah Bangsa Semarang dinyatakan efektif karena diketahui nilai signifikansinya sebesar 000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dari perhitungan tersebut telah menunjukkan hasil bahwa Ho ditolak, maka keputusan ujinya adalah terdapat hubungan nilai UH 1 Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan nilai akhir Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Terdapat saran atau rekomendasi dari penelitian ini adalah Sebaiknya tutor merancang bahan ajar dengan memperhatikan tampilan, aspek interaktif atau interaksi, kontrol melalui beberapa macam mekanisme antara lain menu, panel, dan membantu memperjelas mekanisme bahan ajar, bentuk atau jenis dokumen dan materi. Tutor membuat materi pembelajaran yang mudah dikelola dan diperbarui. Untuk terus meningkatkan keterampilan tutor melalui berbagai kursus pelatihan dengan komputer multimedia. Sebagai pusat kegiatan belajar masyarakat yang kosisten menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran harus melakukan evaluasi rutin terhadap dukungan fasilitas dan teknis selama penyelenggaraan e-learning

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, e-learning, media pembelajaran, model discrepancy
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:52
Last Modified: 25 Aug 2023 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59751

Actions (login required)

View Item View Item