PENGEMBANGAN M-LEARNING RELI PADA PEMBELAJARAN PRAKARYA KELAS IX DI SMP NEGERI 36 SEMARANG


Ronaldi Agung Saputra, 1102416078 (2022) PENGEMBANGAN M-LEARNING RELI PADA PEMBELAJARAN PRAKARYA KELAS IX DI SMP NEGERI 36 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1102416078_Ronaldi Agung Saputra_SKRIPSI - Ronaldias.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media mobile learning Re�Li berbasis android sebagai solusi permasalahan pembelajaran dan mengetahui keefektifan media pembelajaran berdasarkan analisa kebutuhan dan saran guru matapelajaran prakarya SMPN 36 Semarang umtuk mengembangkan suatu aplikasi pembelajaran. Objek penelitian ini yaitu siswa kelas IX SMP Negeri 36 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah development research dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian pengembangan media mobile learning Re-Li berbasis android sebagai berikut. Hasil uji kelayakan media oleh dua ahli media didapatkan hasil dengan kriteria sangat baik pada semua aspek yaitu aspek desain tampilan, aspek konten, aspek bahasa, aspek animasi, dan aspek kemudahan penggunaan media dengan rata-rata prosentase sebesar 90%. Sedangkan dari dua ahli materi juga diperoleh hasil dengan kriteria sangat baik pada semua aspek, yaitu aspek kesesuaian materi dan aspek kesesuaian bahasa dengan rata-rata prosentase sebesar 95%. Hasil uji keefektifan dengan hasil uji t satu pihak (Paired t-Test) yang dicari dengan menggunakan derajat kepercayaan 0,05 diperoleh Thitung 3,995 yang lebih besar dari Ttabel 2,045 Setelah itu, uji n�gain diperoleh gain score sebesar 38,98% termasuk kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah media mobile learning Re Li berbasis android layak untuk digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran prakarya materi prinsip kelistrikan dan sistem instalasi listrik di SMP Negeri 36 Semarang. Peneliti mengajukan saran bagi guru hendaknya perlu mengembangkan media mobile learning di mata pelajaran ataupun materi lain juga dan bagi Akademisi/ Penelitian lanjutan, dengan keberhasilan dalam mengembangkan media mobile learning Re Li dapat dijadikan acuan ataupun bahan pertimbangan untuk menindaklanjuti pada penelitian berikutnya dalam mengembangkan media mobile learning

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Android, Mobile learning, Pengembangan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:09
Last Modified: 24 Aug 2023 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59748

Actions (login required)

View Item View Item