PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 2 PANGKAH KELAS VIII KABUPATEN TEGAL JAWA TENGAH)


Rista Aulya Nurindahsari, 3601418090 (2022) PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 2 PANGKAH KELAS VIII KABUPATEN TEGAL JAWA TENGAH). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3601418090_Rista Aulya Nurindahsari - Rista Aulya Nurindahsari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam sekolah siswa memiliki gaya mereka masing-masing saat mengikuti proses belajar, dengan adanya perubahan proses belajar selama pandemi Covid-19 terdapat banyak permasalahan yang siswa hadapi dalam mengikuti proses belajar IPS. Salah satu bentuk yang tepat untuk meningkatkan proses belajar melalui peran pola asuh orang tua yang mengarahkan anak-anaknya dengan benar akan menjadikan kemajuan yang baik dalam tujuan pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui model-model peran pola asuh orang tua dalam proses belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Pangkah, (2) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat peran pola asuh orang tua dalam proses belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII DI smp Negeri 2 Pangkah, dan (3) menganalisis dampak peran pola asuh orang tua dalam proses belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Pangkah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Pangkah Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Subjek penelitian ini adalah orang tua kelas, siswa kelas dan guru IPS. Keabsahan data dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis datanya melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) peran pola asuh orang tua dalam proses belajar IPS di SMP Negeri 2 Pangkah mempunyai tiga model yaitu model pola asuh otoriter, model pola asuh demokratis dan model pola asuh permisif yang berperan sebagai pembimbing, pendidik, memotivasi, dan memfasilitasi dalam proses belajar IPS siswa. (2) Ditemukan faktor pendorong dalam proses belajar IPS yaitu komunikasi siswa dan orang tua, pemberian motivasi, perkembangan teknologi, pemberian penghargaan dan faktor penghambat yang mempengaruhi siswa dalam proses belajar IPS yaitu tingkat ekonomi, kesibukan orang tua, jumlah kepemilikan anak, tingkat pendidikan. (3) Dalam tiga pola asuh yang diterapkan orang tua menimbulkan dampak positif dan negatif bagi perilaku belajar siswa pada proses belajar IPS. Diketahui dari ketiga pola asuh orang tua pola asuh demokratis paling banyak menimbulkan dampak positif dalam proses belajar IPS

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran pola asuh, Orang Tua, Proses Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:52
Last Modified: 22 Aug 2023 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59743

Actions (login required)

View Item View Item