IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RADEN AJENG KARTINI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 WELAHAN


Anisa Puji Astuti, 3601418082 (2022) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RADEN AJENG KARTINI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 WELAHAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3601418082 Anisa Puji Astuti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Adanya permasalahan degradasi moral pada remaja dapat memicu hal-hal negatif bagi bangsa Indonesia, oleh karena itu pemerintah mewajibkan penguatan karakter di instansi pendidikan salah satunya pada jenjang SMP. Dalam menanamkan nilai karakter pada siswa dapat dilakukan melalui pembelajaran salah satunya yaitu mata pembelajaran IPS. Guru memiliki strategi menguatkan karakter yang kurang maksimal dalam pelaksanaannya yaitu dengan difokuskan pada keteladanan nilai karakter tokoh pahlawan yaitu tokoh Raden Ajeng Kartini. Penelitian bertujuan untuk : (1) Mengetahui Strategi implementasi nilai�nilai pendidikan karakter Raden Ajeng Kartini pada pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Welahan; (2) Mengidentifikasi Faktor Penghambat implementasi nilai-nilai pendidikan karakter Raden Ajeng Kartini dalam pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Welahan; (3) Mengkaji Solusi hambatan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter Raden Ajeng Kartini pada pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Welahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan literatur kepustakaan. Validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data dianalisis dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Guru IPS kelas VIII memiliki strategi dalam mengimplementasikan nilai karakter Raden Ajeng Kartini sebagai penguat nilai karakter (kedisiplinan, jiwa peduli sosial, literasi membaca) dengan pemahaman karakter siswa; integrasi nilai karakter Raden Ajeng Kartini melalui Materi pada RPP; Media pembelajaran (pohon literasi membaca, media gadget, buku Raden Ajeng Kartini (Habis Gelap Terbittlah Terang), media PPT, media Film Kartini. (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan tersebut yaitu karakter siswa yang berbeda-beda; Profesi guru yang tidak sebidang; sarana dan prasarana yang kurang maksimal. (3) Solusi menghadapi hambatan yang terjadi yaitu dengan pendekatan guru terhadap siswa, memberikan reward, dan punishment; Meningkatkan kinerja guru dengan pelatihan, seminar, MGMP, pemahaman IT, menyiapkan mutu kelulusan, memperluas paradigma pembelajaran., memberikan reward kepada guru yang melanjutkan pendidikan di jenjang tinggi; Koordinasi penggunaan ruang dan rencana perbaikan saran dan prasarana. Implementasi nilai karakter Raden Ajeng Kartini dapat menjadi peluang positif dalam proses pembelajaran IPS dan membantu guru IPS menguatkan karakter yang mengalami hambatan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter, Raden Ajeng Kartini, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:42
Last Modified: 22 Aug 2023 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59742

Actions (login required)

View Item View Item