STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 2 PADANGAN KABUPATEN BOJONEGORO


Fiska Aulya Tri Handini, 3601418063 (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 2 PADANGAN KABUPATEN BOJONEGORO. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3601418063_Fiska Aulya Tri Handini - Fiska Aulya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Proses pendidikan selalu berkaitan dengan kegiatan literasi. Dalam Pendidikan peserta didik akan diajarkan berbagai hal di sekolah yaitu mencakup kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, serta kemampuan berpikir. Kemampuan-kemampuan tersebut adalah kemampuan literasi. Semua pembelajaran secara mata pelajaran mempersyaratkan adanya budaya literasi agar dapat menunjang keberhasilan dari tujuan pembelajaran. Salah satu sekolah yang telah menerapkan program literasi kepada peserta didiknya adalah SMPN 2 Padangan. Pelaksanaan budaya literasi di SMPN 2 Padangan masih dilaksanakan secara umum dan belum bejalan secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini membahas tentang strategi guru dalam membangun budaya literasi khususnya pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Padangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di SMPN 2 Padangan. Adapun sumber data utama yaitu guru IPS dan peserta didik, dan sumber data tambahan berupa dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Strategi yang digunakan oleh guru dalam membangun budaya literasi pada mata pelajaran IPS adalah pertama, tahap pembiasaan yang terdiri dari 15 menit membaca sebelum pelajaran, membangun lingkungan yang literat, memilih buku bacaan, pelibatan publik. Kedua, pengintegrasian RPP. (2) Adapun kendala yang harus dihadapi oleh guru IPS dalam membangun budaya literasi yaitu masih kurangnya konsentrasi peserta didik dalam berliterasi, literasi belum menjadi prioritas utama, dan minimnya fasilitas yang disediakan sekolah. (3) Guru IPS memiliki upaya untuk mengatasi kendala yaitu dengan menekankan pentingnya literasi, menjelaskan materi yang belum dipahami, pemberian apresiasi atau hadiah, memanfaatkan sumber bacaan lain, memberikan pekerjaan rumah, dan pelibatan publik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Budaya Literasi, Mata Pelajaran IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:10
Last Modified: 22 Aug 2023 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59739

Actions (login required)

View Item View Item