PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPS DALAM PROGRAM MERDEKA BELAJAR PADA SMP DI KABUPATEN SEMARANG


Andwian Ody Prayoga, 3601418059 (2022) PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPS DALAM PROGRAM MERDEKA BELAJAR PADA SMP DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3601418059_Andwian Ody Prayoga - Andwian Ody Prayoga.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan organisasi sebagai tempat melaksanakan pertemuan dan kegiatan yang bertujuan meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru. Program dan kegiatan yang dilaksanakan MGMP IPS Kabupaten Semarang berperan sangat baik bagi pengetahuan guru IPS dalam menerapkan kurikulum merdeka program merdeka belajar pada SMP di Kabupaten Semarang. Masalah penelitian, yaitu : (1) bagaimanakah persepsi guru IPS tentang kurikulum merdeka program merdeka belajar, (2) bagaimanakah program-program yang dilaksanakan MGMP IPS Kabupaten Semarang dalam menghadapi kurikulum merdeka program merdeka belajar, (3) bagaimanakah implementasi pelaksanaan program MGMP IPS Kabupaten Semarang dalam menghadapi kurikulum merdeka program merdeka belajar. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Informan penelitian adalah ketua, pengurus, dan anggota MGMP IPS Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi Uji keabsahan data menggunakan triangulasi berdasarkan teknik pengimpulan data dan triangulasi berdasarkan sumber data. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS di kabupaten Semarang mempunyai persepsi baik terhadap kurikulum merdeka. MGMP IPS Kabupaten Semarang sangat berperan penting dalam peningkatan kompetensi guru di kurikulum merdeka program merdeka belajar. MGMP IPS Kabupaten Semarang melaksanakan kegiatan workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan penyusunan modul aja IPS bagi peningkatan pengetahuan guru IPS di Kabupaten Semarang terhadap kurikulum merdeka. Implementasi pelaksanaan program tersebut tersosialisasi secara menyeluruh dan menuai partisipasi yang baik dari guru IPS di Kabupaten Semarang. Saran untuk MGMP IPS Kabupaten Semarang adalah mempersiapkan program dan kegiatan selanjutnya tentang kurikulum merdeka untuk menjawab kebutuhan guru yang semakin kompleks.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: MGMP, Merdeka Belajar, Guru Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:45
Last Modified: 22 Aug 2023 02:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59738

Actions (login required)

View Item View Item