PENANAMAN NILAI KARAKTER NASIONALISME SISWA BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP N 2 KUNDURAN, KABUPATEN BLORA


Catur Wahyu Sejati, 3601418037 (2022) PENANAMAN NILAI KARAKTER NASIONALISME SISWA BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP N 2 KUNDURAN, KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3601418037_Catur Wahyu S (SKRIPSI FINISING)22 - Catur Wahyu Sejati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

SMP Negeri 2 Kunduran merupakan SMP Negeri Kunduran yang berada di desa jauh dengan kecamatan ataupun kota. Penanaman nilai karakter Nasionalisme ini ditanamkan melalui pembelajaran IPS. Akan tetapi pada kenyataanya peserta didik yang ada di SMP N 2 Kunduran ini belum banyak memahami ap aitu nasionalisme dan belum banyak yang menerapkan Nilai Nasionalisme diharapkan dengan adanya penanaman nilai karakter Nasionalisme dalam pembelajaran IPS ini mampu membuat peserta didik untuk mengerti ap aitu nilai Nasionalisme dan peserta didik menerapkan nilai Nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui bagaimana proses penanaman nilai karakter nasionalisme dalam pembelajaran IPS di kelas VIII; (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman nilai karakter Nasionalisme dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Kunduran. Subjek penelitian ini adalah Guru Mata pelajaran IPS dan Peserta didik kelas VIII. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses penanaman nilai nasionalisme yang ada di SMP N 2 Kunduran ini dilakukan dengan cara menanamkan beberapa nilai nasionalisme, nilai-nilai yang ditanamkan tenaga pendidik melalui budaya sekolah dan pembelajaran IPS ini yaitu: kerja sama, memelihara kekeluargaan ketertiban, tidak menyalah gunakan hak dan kewenangan, Rasa cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, disiplin dan berani. Selain penanaman nilai nasionalisme melalui pembelajaran, SMP N 2 Kunduran ini menanamkan nilai nasionalisme dengan peraturan yang dibuat di sekolahan, seperti tata tertib berpakaian, hukuman jika tidak disiplin, hukuman saat tata tertib upacara, dan ini sudah mendukung dan sangat mempengaruhi sikap peserta didik. (2) penghambat dan pendukung seperti kondisi kelas yang kurang memadai untuk proses penanaman nilai Nasionalisme karena di dalam kelas masih belum ada LCD proyektor dan media lainnya untuk mendukung proses pembelajaran atau penanaman nilai Nasionalisme, selain itu juga terdapat peserta didik yang tidak bisa menerima materi yang diberikan oleh Guru, seperti main sendiri, ramai dengan teman sebangkunnya, namun ada juga faktor pendukung seperti peserta didik yang bisa mengikuti proses pembelajaran dengan baik, memperhatikan dengan baik, dan disamping itu juga Guru atau tenaga pendidik juga mempengruhi peserta didik, disini Guru sudah mencontohkan sikap yang menunjukan nilai nasionalisme seperti kedisplinan dan ketaatan peraturan yang ada di sekolahan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:36
Last Modified: 21 Aug 2023 06:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59737

Actions (login required)

View Item View Item