UPAYA GURU IPS DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 UNGARAN


Annisa Shaleha, 3601418012 (2022) UPAYA GURU IPS DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 UNGARAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3601418012_Annisa Shaleha_Skripsi Full - Annisa Shaleha.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter diperlukan oleh umat manusia untuk mengendalikan kecerdasan emosional masing-masing individu. Salah satu karakter yang harus dimiliki oleh individu adalah karakter tanggung jawab yang dapat diperoleh melalui pembelajaran IPS. Pembelajaran IPS mengajarkan peserta didik untuk bertanggung jawab dengan lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan upaya guru IPS dalam melaksanakan pendidikan karakter tanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Ungaran; (2) mendeskripsikan peran guru IPS dalam melaksanakan pendidikan karakter tanggung jawab peserta didik di SMP Negeri 5 Ungaran; (3) mengetahui kendala yang dihadapi guru IPS dalam melaksanakan pendidikan karakter peserta didik di SMP Negeri 5 Ungaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi serta teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya guru IPS dalam melaksanakan karakter tanggung jawab melalui pembelajaran IPS telah dilaksanakan oleh guru IPS. Guru IPS melakukan rencana pembelajaran IPS yang memuat pendidikan karakter tanggung jawab . Rencana pembelajaran dapat dilaksanakan melalui pembelajaran IPS di dalam kelas, kemudian guru IPS melakukan evaluasi terhadap karakter tanggung jawab peserta didik dengan memberikan nilai sikap; (2) pendidikan karakter tanggung jawab juga dilakasanakan oleh guru IPS melalui peran guru sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator, dan evaluator. Peran guru yang dilaksanakan oleh guru IPS tidak hanya dilaksanakan pada saat pembelajaran saja, tetapi saat di luar kelas guru IPS tetap melaksanakan perannya; (3) kendala yang dihadapi oleh guru IPS dalam melaksanakan pendidikan karakter tanggung jawab peserta didik adalah lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan dari peserta didik itu sendiri. Saran penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas guru IPS dalam menentukan model dan metode belajar serta dukungan sekolah untuk meningkatkan program pendidikan karakter tanggung jawab melalui MGMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, tanggung jawab, pendidikan IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:11
Last Modified: 21 Aug 2023 06:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59735

Actions (login required)

View Item View Item