PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP N 6 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023


Egidia Aloevera, 3601417059 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP N 6 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3601417059 2 - Egidia Aloevera.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP N 6 Semarang. Hal ini terjadi karena proses penyampaian materi yang berpusat pada guru (teacher centered) tanpa melibatkan peserta didik sehingga pembelajaran menjadi tidak bermakna dan pembelajaran menjadi kurang menarik selain itu dengan teacher centered peserta didik tidak memiliki kemampuan dalam bepikir kritis dan analitis. Maka peneliti memilih model Problem Based Learning sebagai model pembelajaran supaya pembelajaran di kelas menjadi lebih bermakna serta peserta didik memiliki kemampuan bepikir kritis dan mampu meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model problem based learning dan mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP N 6 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP N 6 Semarang. Teknik pengumpulan data antara lain dengan tes yang diberikan di awal pembelajaran (pretest), sedangkan tes yang diberikan di akhir pembelajaran (posttest), observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian berdasarkan penerapan model problem based learning dapat dikatakan meningkat dan lebih baik dibandingkan dengan media ceramah. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 87,06 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 64,53. Berdasarkan dari hasil perhitungan uji t posttest diperoleh t hitung 7.919 dan t tabel 2,000. Karena t hitung > t tabel yaitu 7.919 > 2,00 dan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 6 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS peserta didik kelas VII di SMP N 6 Semarang melalui pembelajaran model Problem Based Learning dapat dikatakan meningkat dan lebih baik dibandingkan teacher centered. Saran, bagi peneliti selanjutnya sebaiknya pengarahan pada peserta didik lebih diperhatikan supaya dalam proses penelitian lebih terstruktur, dan perlunya persiapan yang lebih matang supaya proses penelitian lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:13
Last Modified: 18 Aug 2023 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59727

Actions (login required)

View Item View Item