PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP TERPADU AL MINHAJ BANDAR KABUPATEN BATANG


Irfannuddin, 3601417040 (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP TERPADU AL MINHAJ BANDAR KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3601417040_IRFANNUDDIN - Irfann 18.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Karakter sosial merupakan karakter yang sangat penting ditanamkan kepada siswa sesuai tujuan pendidikan yang tidak hanya mempelajari ilmu pengetahuan saja, tetapi juga membentuk dan membangun karakter. Pembentukan karakter sosial ini dapat dilakukan melalui proses pembelajaran di sekolah, salah satunya melalui mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan mendeskripsikan proses pembentukan karakter sosial siswa kelas VII dalam pembelajaran IPS di SMP Terpadu Al Minhaj Bandar Kabupaten Batang, (2) Mengetahui dan mendeskripsikan apa saja karakter sosial yang dibentuk dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII di SMP Terpadu Al Minhaj Bandar Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Uji keabsahan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi dan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembentukan karakter sosial siswa kelas VII dalam pembelajaran IPS di SMP Terpadu Al Minhaj Bandar Kabupaten Batang dilakukan melalui tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan, guru menyusun silabus dan RPP yang memuat karakter sosial didalamnya. Pada tahap pelaksanaan, guru IPS menggunakan model pembelajaran ceramah, guru IPS memberikan motivasi dan nasehat/pesan melalui materi dan disesuaikan dengan sikap yang ingin dicapai, seperti pada materi kehidupan manusia pada masa pra-aksara, guru IPS memberikan pesan melalui cerita mengenai kehidupan manusia purba dimana terdapat nilai tanggung jawab ketua suku kepada kelompoknya. Selain itu juga guru IPS memotivasi siswa untuk berperilaku jujur pada saat ujian ataupun mengerjakan tugas. Guru IPS juga memberikan tugas sebagai media untuk membentuk karakter tanggung jawab siswa. Pada tahap evaluasi, guru menilai siswa melalui observasi sikap dalam pembelajaran IPS dan mencatatnya dalam jurnal penilaian sikap. (2) Karakter sosial yang dibentuk dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII di SMP Terpadu Al Minhaj Bandar Kabupaten Batang adalah karakter sosial jujur, disiplin, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Karakter Sosial, Pembelajaran IPS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:30
Last Modified: 16 Aug 2023 07:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59726

Actions (login required)

View Item View Item