ANALISIS KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG DAN SANITASI SMK NEGERI 2 SALATIGA


Noki Okta Deliana Eka Suc, 5101418062 (2022) ANALISIS KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG DAN SANITASI SMK NEGERI 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal penting bagi manusia. Pendidikan adalah proses berkesinambungan yang mana segala potensi dan bakat dapat berkembang sehingga diharapkan akan bermanfaat bagi diri pribadi maupun kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Tercapainya tujuan pembelajaran didukung adanya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Sarana dan prasarana pendidikan merupakan komponen penting dalam pendidikan yang termasuk dalam Standar Nasional Pendidikan. Sarana dan prasarana di sekolah harus memenuhi standar minimal yang diatur dalam Permendiknas No. 40 Tahun 2008 Pasal 1 bahwa standar sarana dan prasarana untuk sekolah menengah mencakup kriteria minimal sarana dan kriteria minimal prasarana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan pengambilan data yaitu survey dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang bersumber pada Permendiknas RI No. 40 Tahun 2008 Pasal 1. Hasil penelitian tingkat kelayakan sarana dan prasarana laboratorium komputer program keahlian KGS SMK Negeri 2 Salatiga ditinjau dari hasil observasi persentase kelayakan sarana yang meliputi perabot ruang laboratorium komputer; media pendidikan; peralatan; dan spesifikasi perangkat utama yaitu sebesar 100% (Sangat Layak). Persentase kelayakan prasarana yang meliputi luas ruang laboratorium komputer 100% (Sangat layak) dan luas ruang penyimpanan dan perbaikan 54,68% (Layak). Menurut persepsi siswa terhadap kelayakan sarana yaitu sebesar 93,11% (Sangat layak) dan tingkat kelayakan prasarana untuk luas ruang laboratorium sebesar 67,4% (Layak) dan untuk luas ruang penyimpanan dan perbaikan sebesar 37,1% (Kurang Layak).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sarana Dan Prasarana, Kelayakan, Laboratorium Komputer
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:55
Last Modified: 16 Aug 2023 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59721

Actions (login required)

View Item View Item