Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Metode Teknik Latihan Terbimbing Berbantuan gambar Puzzle


Tri Pamuji Handayani , 2101407097 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Metode Teknik Latihan Terbimbing Berbantuan gambar Puzzle. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Metode Teknik Latihan Terbimbing Berbantuan gambar Puzzle]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Metode Teknik Latihan Terbimbing Berbantuan gambar Puzzle) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru kelas V SD Negeri 01 Banyuurip keterampilan menulis karangan narasi masih rendah. Rendahnya keterampilan ini disebabkan siswa kesulitan untuk mendapatkan ide dan mengembangkannya serta kemampuan pemilihan kata (diksi) yang masih rendah. Selain itu, teknik dan media yang digunakan oleh guru kurang menarik dan bervariasi. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis karangan narasi adalah menerapkan metode latihan terbimbing dan media gambar puzzle. Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan metode latihan terbimbing berbantuan gambar puzzle dan perubahan perilaku siswa kelas V SD negeri 01 Banyuurip setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi dengan metode latihan terbimbing berbantuan gambar puzzle. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan metode latihan terbimbing berbantuan gambar puzzle pada siswa kelas V SD Negeri 01 Banyuurip dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas V SD negeri 01 Banyuurip setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi dengan metode latihan terbimbing berbantuan gambar puzzle. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD negeri 01 Banyuurip. Instrumen yang digunakan berupa tes dan nontes. Instrumen tes menghasilkan data kuantitatif berupa nilai tes menulis karangan narasi siswa selama pembelajaran. Data kuantitatif dianalisis melalui analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan nilai tes antara siklus I dan siklus II, sedangkan data kualitatif dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif, yaitu mengamati perubahan perilaku siswa setelah pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis karangan narasi setelah dilakukan pembelajaran dengan metode latihan terbimbing berbantuan gambar puzzle. Terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari hasil prasiklus, siklus I dan siklus II yang terus meningkat. Hasil tes prasiklus menunjukan skor rata-rata sebesar 51,58 termasuk dalm kategori kurang dan pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 64 dalam kategori cukup. Jadi, dari prasiklus ke siklus I terjadi peningkatan sebesar 12,42. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,74 termasuk dalam kategori baik dan melebihi nilai rata-rata klasikal yang ditetapkan yaitu 65. Jadi, dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 14,74. Sedangkan dari prasiklus ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 27,16. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan pada guru Bahasa Indonesia agar dalam pengajaran menulis karangan narasi, dapat menggunakan metode latihan terbimbing berbantuan gambar puzzle sebagai variasi pemilihan strategi pembelajaran, dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Guru memberikan bimbingan kepada siswa agar siswa tidak keluar dari jalur menulis karangan narasi yang ditetapkan. Sekolah hendaknya memberikan fasilitas untuk mendukung proses belajar mengajar. Para peneliti di bidang pendidikan dan bahasa dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan rujukan untuk malakukan penelitian lain dengan menggunakan strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis karangan narasi, metode latihan terbimbing, media gambar puzzle.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Oct 2011 04:21
Last Modified: 25 Apr 2015 06:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5972

Actions (login required)

View Item View Item