RASIONALISASI DAN STRATEGI ADAPTASI PEMBUKAAN USAHA COFFEE SHOP DI KECAMATAN CEPU MASA PANDEMI COVID – 19
Fanie Nisya Cahya Saputri, 3401418063 (2022) RASIONALISASI DAN STRATEGI ADAPTASI PEMBUKAAN USAHA COFFEE SHOP DI KECAMATAN CEPU MASA PANDEMI COVID – 19. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Coffee Shop merupakan kedai kopi bernuansa modern menyajikan berbagai varian kopi dan non kopi dilengkapi dengan beberapa fasilitas dan banyak berada di kota – kota besar. Tetapi selama pandemi Covid – 19 usaha Coffee semakin bertambah di Kecamatan Cepu. Adanya Covid – 19 membuat para pengusaha Coffee Shop di Kecamatan Cepu melakukan strategi adaptasi untuk terus mempertahankan usahanya dan bersaing dengan usaha Coffee Shop lainnya. Tujuan Penelitian ini yaitu : 1) Mengetahui keadaan atau kondisi Coffee Shop selama pandemi Covid – 19. 2) Mengetahui dampak yang dialami pengusaha Coffee Shop di Kecamatan Cepu selama pandemi Covid – 19. 3) Mengetahui strategi adaptasi yang dilakukan pengusaha Coffee Shop selama pandemi Covid – 19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di lima usaha Coffee Shop yaitu Pelantur Coffee, Pijag Coffee, Comfy Coffee, Kopi Tahan Banting, dan Searah Coffee. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan observasi. Validitas data yang digunakan yaitu teknik triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan teori strategi adaptasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Selama pandemi Covid – 19 kondisi Coffee Shop di Kecamatan Cepu mengalami perubahan seperti usahanya menjadi sepi dikarenakan konsumen yang berkunjung berkurang, adanya peraturan atau kebijakan yang diterapkan seperti tempat duduk dan meja yang dibatasi hanya untuk dua orang, penerapan protokol kesehatan. 2) Dampak yang dialami pengusaha Coffee Shop di Kecamatan Cepu meliputi dua yaitu dampak sosial dan dampak ekonomi, ada yang berdampak positif dan negatif. Dampak negatif meliputi pendapatan tidak stabil dan pembengkakan biaya sedangkan dampak positif terbatasnya interaksi antar konsumen agar tidak menyebabkan kerumunan di ruang publik selama pandemi Covid – 19, adanya protokol kesehatan demi menjaga kehigienisan konsumen. 3) Strategi yang dilakukan pengusaha Coffee Shop di Kecamatan Cepu selama pandemi Covid – 19 yaitu dengan penerapan protokol kesehatan, adanya promo atau diskon, mengadakan event atau acara, pengadaan sistem COD (Cash On Delivery), dan membuat variasi menu baru. Saran yang diajukan oleh peneliti yaitu : 1) Bagi Pengusaha Coffee Shop di Kecamatan Cepu harus lebih menekankan protokol kesehatan untuk keberlangsungan usahanya selama pandemi Covid – 19. 2) Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan yang relevan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Coffee Shop, Covid – 19, Strategi Adaptasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology H Social Sciences > HM Sociology |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 02:28 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 02:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59711 |
Actions (login required)
View Item |