PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MODUL AJAR SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA ELEMEN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS XI DPIB SMK NEGERI 3 SEMARANG


Walang Sungsang Cakra Buana, 501418015 (2023) PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MODUL AJAR SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA ELEMEN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS XI DPIB SMK NEGERI 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui model pembelajaran project based learning berbasis modul ajar sekolah dapat menumbuhkan motivasi atau minat belajar siswa, (2) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran project based learning berbasis modul ajar sekolah dapat memberikan hasil belajar yang baik, (3) untuk mengetahui persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran project based learning berbasis modul ajar sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 65 responden siswa kelas XI DPIB yang telah menempuh elemen gambar teknik SMK Negeri 3 Semarang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas instrument menggunakan uji validitas empiris dan uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran project based learning berbasis modul ajar sekolah memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 3 Semarang. Dengan dibuktikan melalui uji t dengan nilai t hitung sebesar 9.078 dengan nilai tabel sebesar 1.998 yang berarti terdapat pengaruh dan uji F dengan nilai Fhitung sebesar 83.402 lebih besar dari F tabel sebesar 3.14, maka terdapat pengaruh pada variabel X dan Y. dari hasil uji analisis data menunjukan bahwa persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran project based learning berada dalam kategori Tinggi, motivasi belajar siswa berada dalam kategori Tinggi dan hasil belajar siswa berada dalam kategori Baik maka penerapan model pembelajaran project based learning di SMK Negeri 3 Semarang sangat cocok untuk membantu meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:59
Last Modified: 16 Aug 2023 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59705

Actions (login required)

View Item View Item