KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI DESA SIMO KECAMATAN KWADUNGAN KABUPATEN NGAWI


Putri Astuti, 3211416021 (2022) KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI DESA SIMO KECAMATAN KWADUNGAN KABUPATEN NGAWI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3211416021 SKRIPSI PUTRI ASTUTI - Putri Astuti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir merupakan salah satu faktor penting dalam pengurangan dampak akibat banjir. Lokasi penelitian ini berada di Desa Simo, salah satu desa di Kecamatan Kwadungan yang rawan bencana banjir karena dekat dengan Sungai Madiun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak banjir yang terjadi di Desa Simo, mengetahui kendala kesiapsiagaan, dan mengetahui tingkat kesiapsiagaan masyarakat Desa Simo. Populasi penelitian adalah seluruh wilayah Desa Simo dan seluruh penduduk Desa Simo. Sampel areanya adalah Dusun Simo III, sebagai dusun yang paling dekat dengan Sungai Madiun. Sampel manusianya adalah seluruh penduduk Dusun Simo III dengan kriteria, berusia 17 tahun keatas dan pernah menjadi korban banjir. Variabel dampak banjir yaitu pengaruh terhadap akses/aktivitas masyarakat, pertanian, dan infrastruktur. Variabel kendala kesiapsiagaan yaitu aspek kelembagaan, sosial/ekonomi, pengetahuan, dan fisik. Variabel tingkat kesiapsiagaan masyarakat yaitu pengetahuan dan sikap, kebijakan, rencana untuk keadaan darurat, sistem kesiapsiagaan dini, dan mobilisasi sumberdaya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelingkungan untuk menganalisis keterkaitan banjir dengan dampak dan kendala kesiapsiagaan, dan statistik deskriptif persentase untuk menganalisis tingkat kesiapsiagaan. Hasil dari penelitian ini adalah dampak banjir terhadap masyarakat Desa Simo terasa pada terganggunya akses dan aktivitas masyarakat Desa Simo, pertanian dan hewan ternak, dan rusaknya infrastruktur. Kendala yang dihadapi dalam kesiapsiagaan masyarakat ini antara lain belum tersedianya tanggul buatan, lokasi yang berada di tepi sungai, dan masih kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. Tingkat kesiapsiagaan masyarakat Desa Simo tergolong sangat siap dengan skor IKB sebesar 614 dan persentase sebesar 83%. Simpulan dari penelitian ini adalah dampak pada akses, pertanian, dan infrastruktur, terdapat beberapa kendala, tingkat kesiapsiagaan masyarakat Desa Simo berada pada kategori sangat siap. Saran yang bisa diberikan peneliti adalah menyegerakan pembangunan tanggul buatan di tepi Sungai Madiun dan meningkatkan sosialisasi dengan peserta bergilir dan melalui media sosial atau berupa brosur yang disebar kepada masyarakat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Banjir, Kesiapsiagaan Masyarakat, Tingkat Kesiapsiagaan, Desa Simo Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:41
Last Modified: 10 Aug 2023 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59668

Actions (login required)

View Item View Item