TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU PENDUDUK DALAM KEGIATAN PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA KESONGO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG


Apriliya Tri Murti, 3201418052 (2022) TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU PENDUDUK DALAM KEGIATAN PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA KESONGO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3201418052_Apriliya Tri Murti - Apriliya Tri Murti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan sampah masih menjadi salah satu permasalahan yang belum dapat diatasi di Desa Kesongo, meski Pemerintah Desa Kesongo telah membuat Peraturan Peraturan Desa tentang Perlindungan Pelestarian Lingkungan Hidup (PPLH) dan Rencana Kerja Pembangunan Pelestarian Lingkungan Hidup (RKP PLH). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis tingkat ketercapaian program RKP LH (2) Mengukur tingkat pengetahuan penduduk mengenai pengelolaan sampah (3) Menganalisis perilaku penduduk terhadap pengelolaan sampah. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kesongo, Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan mengacu pada tabel klasifikasi yang telah ditetapkan rentang presentase dan kriterianya. Populasi penelitian ini adalah Rumah Tangga di Desa Kesongo. Sampel yang diambil berdasarkan rumus Rao Purba adalah 100 sampel, yang diwakili oleh salah satu anggota keluarga dewasa yang terdaftar dalam KK. Sampel tersebar di 8 dusun di Desa Kesongo. Teknik pengumpulan data terdiri dari metode observasi dan wawancara terstruktur Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian program RKP LH dalam pengelolaan sampah di Desa Kesongo secara umum berada pada kategori cukup tercapai. Sedangkan untuk tingkat pengetahuan penduduk di Desa Kesongo berada pada kategori sedang, dan perilaku penduduk dalam mengelola sampah secara umum berada pada kategori perilaku buruk. Hasil hubungan yang diperoleh dari olah data antara hubungan tingkat pengetahuan penduduk mengenai pengetahuan pengelolaan sampah dengan perilaku penduduk menunjukkan hasil korelasi tingkat hubungan sangat lemah, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan dan perilaku penduduk dalam pengelolaan sampah di Desa Kesongo. Kesimpulan yang didapatakan dari penelitian tersebut adalah tingkat ketercapaian program RKP LH serta tingkat pengetahuan penduduk di Desa Kesongo memiliki hasil yang baik, sedangkan perilaku penduduk Desa Kesongo dalam pengelolaan sampah memiliki hasil yang buruk. Saran untuk penduduk Desa Kesongo adalah untuk lebih banyak mengikuti kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah yang dilakukan oleh pemerintah dan lebih banyak melakukan kegiatan praktik pengelolaan sampah dirumah yang diharapkan dapat menjadi kebiasaan baik sehingga dapat memperbaiki permasalahan sampah di Desa Kesongo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Perilaku Penduduk, Pengelolaan Sampah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:58
Last Modified: 09 Aug 2023 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59665

Actions (login required)

View Item View Item