PEMANFAATAN DISASTER VIRTUAL WEBSITE SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA BANJIR ROB UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAHATAS DI KOTA PEKALONGAN


Ummu Nabiilah, 3201417026 (2022) PEMANFAATAN DISASTER VIRTUAL WEBSITE SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA BANJIR ROB UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAHATAS DI KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3201417026_Ummu Nabiilah - Ummu Skripsi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada jenjang pendidikan sekolah menengah atas, pendidikan kebencanaan tertuang ke dalam materi mitigasi bencana di Mata Pelajaran Geografi kelas XI semester genap. Dalam mata pelajaran tersebut materi mitigasi bencana dijelaskan secara umum mengenai bencana-bencana yang ada di Indonesia. Hasil observasi yang peneliti lakukan dengan guru mata pelajaran geografi sekolah menengah atas yang terdampak banjir rob di Kota Pekalongan, pembelajaran mitigasi bencana sudah berjalan dengan baik. Namun, materi mitigasi bencana banjir khususnya banjir rob belum menjadi fokus utama dalam materi tersebut dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang memadai terkait materi mitigasi bencana banjir rob. Dan peneliti membuat inovasi media pembelajaran mitigasi bencana yang dikemas dalam bentuk website yang di beri nama Disaster Virtual Website. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media Disaster Virtual Website sebagai media pendidikan mitigasi bencana banjir rob danmengukur Efektivitas media Disaster Virtual Website sebagai media pendidikan mitigasi bencana banjir rob bagi siswa SMA di Kota Pekalongan Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sederhana dengan mengadopsi penelitian Research and Development (R & D) dengan langkah – langkah penelitian identifikasi permasalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba skala kecil kepada siswa. Selain itu, efektivitas media dihasilkan dari uji efektivitas yang dilakukan melalui analisis kuantitatif hasil belajar siswa yang diambil sebelum (pre test) dan sesudah (post test) uji coba media Disaster Virtual Website. Hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan 71 % kategori layak dengan penilaian tampilan, isi, bahasa, dan interaktivitas. Sedangkan penilaian ahli materi dengan aspek pembelajara dan aspek materi mendapatkan 79 % dengan kategori layak. Artinya media Disaster Virtual Website sebagai media pembelajaran mitigasi bencana gempa bumi sekolah dasar. Dan media Disaster Virtual Website mempunyai efektivitas tinggi pada pembelajaran mitigasi bencana gempa bumi sekolah dasar dengan nilai rata-rata N- Gain 0,751. Dari hasil penelitian di atas, maka hal yang disarankan oleh peneliti adalah (1) Disaster Virtual Website dapat dikembangkan lagi agar menjadi media pembelajaran yanginteraktif. (2) Perlu penelitian lebih lanjut mengenai uji efektifitas penggunaan media pembelajaran Disaster Virtual Website. (3) Siswa dan Guru dapat memanfaatkan media Disaster Virtual Website sebagai penunjang pembelajaran mitigasi bencana banjir baik secara daring maupun luring.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media Pembelajaran, Mitigasi Bencana, Banjir, Disaster Virtual Website
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:38
Last Modified: 09 Aug 2023 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59663

Actions (login required)

View Item View Item