MODEL PENANGANAN PANDEMI COVID-19 OLEH PEMERINTAH DESA GRABAG DAN PEMERINTAH DESA NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO PERSPEKTIF NEGARA MELINDUNGI SEGENAP WARGANEGARA


YOLANDA ZAHARANY GUNAWAN, 8111418153 (2022) MODEL PENANGANAN PANDEMI COVID-19 OLEH PEMERINTAH DESA GRABAG DAN PEMERINTAH DESA NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO PERSPEKTIF NEGARA MELINDUNGI SEGENAP WARGANEGARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam rangka menindaklanjuti apa yang telah Pemerintah Kabupaten Purworejo tetapkan mengenai wewenang Pemerintah Desa dalam penanganan pandemi Covid-19, dengan seiring meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Desa Grabag dan Desa Ngombol yang disebabkan karena adanya interaksi sosial yang bersifat masif serta mobilitas penduduk yang tinggi di lingkungan desa, oleh sebab itu, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana peran Pemerintah Desa dalam penanganan pandemi Covid-19 di Desa Grabag dan Desa Ngombol Kabupaten Purworejo? (2) Bagaimana model penanganan pandemi Covid-19 oleh Pemerintah Desa Grabag dan Pemerintah Desa Ngombol Kabupaten Purworejo perspektif negara melindungi segenap warganegara? Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian yuridis sosiologis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer serta data sekunder, dengan teknik pengambilannya yaitu melalui: wawancara; studi pustaka; serta studi dokumentasi. Kemudian, data yang telah diambil dan dikumpulkan, diuji validitas datanya dengan menggunakan metode cross check triangulasi. Hasil diadakannya penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 di wilayahnya, Pemerintah Desa Grabag dan Pemerintah Desa Ngombol berperan menetapkan serta melaksanakan kebijakan dengan didasarkan pada hak asal usul yang bersifat lokal, serta didasarkan pada kewenangan yang telah diberikan oleh Pemerintah Daerah. (2) Wilayah Desa Grabag dan Desa Ngombol terletak di lingkup satu Pemerintah Daerah, oleh sebab itu model penanganan pandemi Covid-19 yang ditetapkan serta diberlakukan dinilai sama, namun dalam penerapannya dinilai berbeda. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 di lingkungan Desa Grabag dan Desa Ngombol, Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Daerah memberikan wewenang kepada Pemerintah Desa Grabag dan Pemerintah Desa Ngombol untuk melaksanakan perannya dengan berpedoman pada Peraturan Bupati Purworejo Nomor 27 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19. (2) Model penanganan pandemi Covid-19 yang diberlakukan oleh Pemerintah Desa Grabag dan Pemerintah Desa Ngombol Kabupaten Purworejo merupakan kebijakan sosial dalam hal perlindungan negara terhadap warganegara pada masa pandemi Covid-19. Saran dari Penulis terhadap penelitian ini untuk Pemerintah Desa Grabag dan Pemerintah Desa Ngombol yaitu perlunya peningkatan penegasan terhadap penegakkan sanksi serta peningkatan kegiatan sosialisasi yang bersifat konsisten kepada seluruh masyarakat desa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, Pemerintah Desa, Desa Grabag dan Desa Ngombol.
Subjects: K Law > KB Hukum
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:48
Last Modified: 09 Aug 2023 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59661

Actions (login required)

View Item View Item