UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PERDAGANGAN MINUMAN BERALKOHOL ILEGAL SECARA ONLINE DI KOTA SEMARANG


RIZA OKTAVIA, 8111418101 (2022) UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PERDAGANGAN MINUMAN BERALKOHOL ILEGAL SECARA ONLINE DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perdagangan minuman beralkohol secara online semakin meningkat dan menjadi ancaman nyata terhadap norma-norma sosial sehingga mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui upaya kepolisian dalam penegakan hukum terhadap terhadap pelaku tindak pidana perdagangan minuman beralkohol ilegal secara online; dan 2) mengetahui kebijakan kedepan sebagai upaya pengendalian tindak pidana perdagangan minuman beralkohol ilegal. Metode penelitian yang digunakan yakni yuridis sosiologis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara terhadap subyek penelitian, dan literatur serta studi pustaka sebagai data tambahan, validitas data menggunakan triangulasi. Teknik analisa data dilakukan dalam empat tahap yaitu pengumpulan, reduksi, dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya kepolisian dalam penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana perdagangan minuman beralkohol ilegal melalui penyidikan dalam penerapan sanksi pidana terhadap pelaku menggunakan Pasal 26 Perda Kota Semarang No 8 Tahun 2009; dan 2) kebijakan kedepan sebagai upaya pengendalian perdagangan minuman beralkohol ilegal melalui 2 cara yakni upaya penal (represif) melakukan Operasi Intelijen berbasis sistem dan upaya non penal (preventif) berupa pembaharuan kebijakan yang lebih komprehensif dan spesifik. Percepatan realisasi dan pengesahan RUU Larangan Minuman Beralkohol oleh Dewan Perwakilan Rakyat hendaknya segera dilakukan, khususnya mengenai kebijakan kriminalisasi pelaku perdagangan minuman beralkohol secara online. Melakukan kerjasama yang baik dan harmonis antara penegak hukum (kepolisian), lembaga pendidikan, dan masyarakat dalam menangani perdagangan minuman beralkohol ilegal secara online ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepolisian; Penegakan Hukum; Minuman Beralkohol; Online
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:32
Last Modified: 09 Aug 2023 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59660

Actions (login required)

View Item View Item