ANALISIS PERENCANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS SEJARAH INDONESIA KELAS XI IPS MAN 1 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022


Sulistiyo Dayu Rahmawati, 3101418021 (2022) ANALISIS PERENCANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS SEJARAH INDONESIA KELAS XI IPS MAN 1 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3101418021_(2)SULISTIYO DAYU RAHMAWATI - Sulistiyo Dayu Rahmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perencanaan pembelajaran sejarah untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ, )pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan pembelajaran tatap muka (PTM) sebelum pandemi mata pelajaran sejarah Indonesia kelas XI IPS MAN 1 Kota Semarang, (2) menganalisis perbedaan antara perencanaan pelaksanaan pembelajaran sejarah Indonesia kelas XI IPS MAN 1 Kota Semarang untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, (3) menganalisis perbedaan antara perencanaan pembelajaran sejarah Indonesia kelas XI IPS MAN 1 Kota Semarang untuk pembelajaran tatap muka (PTM) sebelum pandemi dengan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada wawancara yang dilakukan narasumber sebagai informan dalam memberikan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian yaitu guru mata pelajaran sejarah Indonesia MAN 1 Kota Semarang dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum MAN 1 Kota Semarang. Sumber data yang dibutuhkan dalam penelitian yakni dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran untuk pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan pembelajaran tatap muka (PTM) sebelum pandemi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa perencanaan pelaksanaan pembelajaran sejarah untuk pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas oleh guru penting untuk disusun, berdasarkan hasil wawancara dan analisis dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, ditemukan data bahwa (1) guru mata pelajaran sejarah Indonesia kelas XI IPS MAN 1 Kota Semarang menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa dan kondisi pembelajaran di era adaptasi kebiasaan baru pandemi Covid-19, (2) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbeda dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas utamanya pada alokasi waktu, media pembelajaran serta pelaksanaan masing-masing rencana pelaksanaan pembelajaran, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk pembelajaran tatap muka (PTM) sebelum pandemi memiliki perbedaan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas utamanya pada susunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran, alokasi waktu dan materi pembelajaran yang dipadatkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas, Guru Sejarah, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:38
Last Modified: 09 Aug 2023 01:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59654

Actions (login required)

View Item View Item