NILAI KESEJARAHAN MELALUI MEDIA BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PERJUANGAN MENGHADAPI ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSA DI KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 1 PULOKULON KABUBAPTEN GROBOGAN


Triyana Novita Sari, 3101418014 (2022) NILAI KESEJARAHAN MELALUI MEDIA BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PERJUANGAN MENGHADAPI ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSA DI KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 1 PULOKULON KABUBAPTEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3101418014 - Triyana Novita Sari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Guru sejarah di SMA Negeri 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan sudah mampu membuat Booklet sebagai sarana transfer of knowledge (kognitif). Namun Guru sejarah belum pernah melakukan pengamatan terkait Booklet materi Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa apakah Booklet tersebut berpengaruh pada ranah afektif. Secara khusus penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui nilai kesejarahan dalam Booklet materi Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa yang dibuat oleh Guru sejarah di SMA Negeri 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah menggunakan Media Booklet materi Perjuangan Mengadapi Ancaman Disintregasi Bangsa di Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan. (3) Untuk mengetahui sikap atau nilai kesejarahan yang dimiliki siswa setelah belajar menggunakan media pembelajaran Booklet Materi Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskritif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kajian literatur, wawancara/ dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini Guru sejarah, Waka Kurikulum, dan siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Uji keabsahan data meliputi, Data Collection, Data Reduction, Data Display, Conclusions: Drawing or Verifiying serta Triangulasi menggunakan Triangulasi teknik dan Triangulasi sumber Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Booklet Materi Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa yang dibuat oleh Guru sejarah di SMA Negeri 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan sudah mengandung nilai kesejarahan, yaitu religius, disiplin kerja keras, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan tanggung jawab. 2) Implementasi Booklet materi Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa Guru sejarah membutuhkan tiga tahapan, yaitu tahap pra pelaksanaan, tahap inti atau pelaksanaan, dan tahap evaluasi. 3) Setelah belajar menggunakan Booklet materi Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa siswa mampu mengimplementasikan nilai kesejarahan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai kesejarahan tersebut antara lain, religius, disiplin, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan tanggung jawab. Merujuk pada hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah pada materi Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa dengan media Booklet berjalan dengan cukup baik, terlihat dari siswa mampu mengimplementasikan nilai-nilai kesejarahan yang terdapat pada materi Booklet dalam kehidupan sehari-hari. Booklet dapat menjadi alternatif media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai kesejarahan, Booklet, Materi Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:23
Last Modified: 09 Aug 2023 01:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59653

Actions (login required)

View Item View Item