EFEKTIVITAS PEMENUHAN HAK DASAR PESERTA DIDIK DALAM MEMPEROLEH PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN JEPARA PERSPEKTIF PERATURAN MENTERI AGAMA NO. 16 TAHUN 2010


Filda Achmad Al Yadainy, 0811519032 (2022) EFEKTIVITAS PEMENUHAN HAK DASAR PESERTA DIDIK DALAM MEMPEROLEH PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN JEPARA PERSPEKTIF PERATURAN MENTERI AGAMA NO. 16 TAHUN 2010. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu dari tujuan negera, dan negara memberikan hak pendidikan dan hak memeluk agama bagi setiap warga negara. Salah satu mata pelajaran yang wajib ialah pendidikan agama, mata pelajaran pendidikan agama harus ada di setiap jenjang pendidikan nasional. Pendidikan agama juga sebagai pembentukan karakter dari peserta didik, sebagai bekal kehidupan dari seorang anak. Sering dalam pelaksanaan pendidikan agama hanya sebagai pelengkap dari proses pembelajaran. Penelitian ini untuk mengetahui efektitivitas dan implementasi dalam pemenuhan hak dasar pendidikan agama di sekolah. Tujuan dari penelitian ini mengetahui dan mengetahui pemenuhan hak dasar pendidikan agama di sekolah. Hadirnya PMA No. 16 Tahun 2010 tentang Pendidikan Agama pada Sekolah, agar dapat menjamin hak dari peserta didik dalam pendidikan yang layak, bermutu dan standar dengan pendidikan nasional. Penelitian ini dijelaskan dalam efektivitas pendidikan agama, sedangkan untuk teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah; teori implementasi kebijakan, teori efektivitas hukum, teori hak asasi manusia, dan teori pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis sosiologis dengan pendekatan kualitatif, dengan lokasi penelitian di SATKORDIK SD Negeri Kecamatan Kalinyamatan dan Pecangaan. Sumber data berasal dari informan yang meliputi; Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara, Kepala Bidang PAIS Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Pengawas Pendidikan Agama SD dan SMP, Kepala Sekolah SD Negeri Kecamatan Kalinyamatan dan Pecangaan, dan Tenaga Pengajar Pendidikan Agama SD Negeri Kecamatan Kalinyamatan dan Pecangaan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan data menggunakan teknik triangulasi dan analisis sumber data memakai analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi pemenuhan hak dasar memperoleh pendidikan agama di SD Negeri Kabupaten Jepara terbagi menjadi enam bagian; 1) terjalin dengan komunikasi yang baik; 2) terdapat sumber daya terdiri SDM, kebijakan dan sarana prasarana; 3) komitmen yang baik penegak hukum; 4) para birokrasi mengerti tugasnya; 5) terpenuhi hak dalam memperoleh pendidikan agama di sekolah; 6) apa yang diharapkan di ketentuan hukum dan pendidikan sesuai yang diharapkan dalam proses pembelajaran. Sedangkan dalam efetivitas organisasi dari pemenuhan hak dasar peserta didik dalam memperoleh pendidikan agama di SD Negeri Kabupaten Jepara, terbagi menjadi dua x pendekataan. Pendekatan tujuan ini berkaitan dengan tujuan dari organisasi dalam membuat proses pembelajaran yang layak, bermutu, dan berstandar nasional. Hal tersebut dapat terwujud karena dalam pendekatan selanjutnya, yaitu pendeketan teori sistem dapat terpenuhi oleh segala kebutuhannya. Pendekatan teori sistem terdiri dari; 1) kriteria produksi, terdapat aturan yang jelas dan tedapat pembagian kerja yang jelas; 2) kriteria efisiensi, terdapat beberapa sumber daya (manusia, kewenangan, sarana dan prasarana, waktu, dan dana) sebagai penunjang pembelajaran; 3) kriteria kepuasan, terdapat komunikasi yang jelas dan terdapat kebutuhan sebagai penunjang proses pembelajaran; 4) kriteria adaptasi, dapat memahami tugas pelaksanaan pendidikan agama dan hambatan dalam sumber daya; dan 5) kirteria perkembangan, dapat terwujudnya hasil dari pelaksanaan proses pembelajaran pendidikan agama di SD Negeri Kabupaten Jepara. Simpulan dari hasil penelitian ini mengenai implementasi, terdiri dari; adanya komunikasi, terdapat sumber daya, sikap dan struktur birokrasi yang jelas; dan apa yang diinginkan oleh ketentuan hukum sesuai dengan kenyataan. Secara umum proses pembelajaran pendidikan agama di SD Negeri Kabupaten Jepara, sudah berjalan dengan baik dan dapat diperbaiki dengan memperbaiki hambatan yang ada. Terhadap proses pemenuhan hak peserta didik di sekolah dapat terpenuhi haknya. Sedangkan terhadap efektifitas pemenuhan hak dasar peserta didik dalam memperoleh pendidikan agama di SD Negeri Kabupaten Jepara, bahwa terdapat beberapa pendekatan dan kriteria yang sudah terpenuhi. Untuk pendekatan tujuan dan pendekatan teori sistem dapat terpenuhi dalam kategori efektivitasnya. Sedangkan untuk kriteria yang perlu diperbaiki diantaranya; 1) kriteria efisiensi perihal sumber daya sarana dan prasarana dan waktu; dan 2) kriteria adaptasi/fleksibilitas bahwa masih ada beberapa sekolah yang belum mempunyai tenaga pengajar pendidikan agama minoritas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas dan Implementasi; Hak Dasar; Pendidikan Agama; Peraturan Menteri Agama; dan Sekolah Dasar Negeri.
Subjects: K Law > KB Hukum
Fakultas: Pasca Sarjana > Hukum, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:17
Last Modified: 07 Aug 2023 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59635

Actions (login required)

View Item View Item