PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBUATAN POLA DASAR BUSANA KELAS X DI SMK BINA NUSANTARA UNGARAN


Oktaviana Firdayantie, 5403418027 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBUATAN POLA DASAR BUSANA KELAS X DI SMK BINA NUSANTARA UNGARAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5403418027 - Oktaviana Firdayantie.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of 5403418027 - Oktaviana Firdayantie.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Mata Pelajaran Pembuatan Pola merupakan pembelajaran yang wajib dikuasai pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya pada bidang keahlian Tata Busana. Pembuatan pola merupakan dasar yang perlu dikuasai siswa untuk membuat pola sesuai dengan desain. Namun, secara umum siswa merasa kesulitan dalam mengaplikasikan langkah pembuatan pola, buku yang disediakan oleh sekolah masih sedikit membuat siswa tidak memiliki bahan ajar mandiri sehingga kesulitan dalam mempelajari pola. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Terciptanya E-Modul Pembuatan Pola kompetensi membuat pola dasar busana kelas X di SMK Bina Nusantara Ungaran; 2) Mengetahui kelayakan pengembanan E-Modul Pembuatan Pola kompetensi membuat pola dasar busana kelas X di SMK Bina Nusantara Ungaran; 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan E-modul Pembuatan Pola kompetensi membuat pola dasar busana kelas X di SMK Bina Nusantara Ungaran. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov yang meliputi 5 tahap utama yaitu tahap analisis kebutuhan produk, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi, uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bina Nusantara Ungaran pada bidang keahlian Tata Busana. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi e�modul oleh Expert Judgement dan respon peserta didik terhadap e-modul. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian berupa: 1) Prosedur pengembangan menggunakan model Borg and Gall yang meliputi 5 tahap utama yaitu tahap analisis kebutuhan produk, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi, uji coba lapangan skala besar dan produk akhir; 2) Tingkat kelayakan E-Modul Pembuatan Pola Dasar Busana termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, hasil penilaian ahli media menunjukkan nilai sebesar 92% dan ahli materi menunjukkan nilai 94%; 3) Respon peserta didik terhadap e-modul pada uji coba skala kecil memperoleh hasil 87%, sedangkan uji coba skala besar memperoleh hasil 83%. Kesimpulan yang didapatkan adalah E-modul yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran pembuatan pola di SMK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan E-modul, Pola Dasar Busana, Media Pembelajaran
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:43
Last Modified: 01 Mar 2024 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59603

Actions (login required)

View Item View Item