PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA MENGGUNAKAN MEDIA WEBGIS DI SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG


Nanik Masruroh, 3201418061 (2022) PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA MENGGUNAKAN MEDIA WEBGIS DI SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201418061 - NANIK MASRUROH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

WebGIS merupakan salah satu bentuk inovasi dalam media pembelajaran Geofgrafi. WebGIS dirasa cocok untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran mitigasi bencana gunungapi. Kondisi ini dikarenakan materi mitigasi bencana gunungapi merupakan salah satu materi pembelajaran geografi yang memiliki urgensi dalam kehidupan siswa terutama siswa yang berada pada wilayah rawan bencana. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menilai desain rencana pembelajaran (2) menganalisis perbedaan tingkat aktivitas belajar siswa (3) menganalisis peningkatan pengetahuan mitigasi bencana siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Randudongkal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi-experimental design. Desain penelitian yang dilakukan peneliti adalah desain pre-test dan post-test control group. Berdasarkan teknik pengambilan sampel yang sudah ditentukan diperoleh hasil kelas XI IIS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS sebagai kelas kontrol. Variabel yang diteliti meliputi desain perencanaan pembelajaran, tingkat aktivitas belajar dan tingkat pengetahuan mitigasi bencana gunungapi. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif persentase. Langkah awal dalam proses pembelajaran yakni penyusunan desain rancangan pembelajaran berupa dokumen RPP, hasil penelitian menunjukkan bahwa dokumen RPP oleh peneliti memiliki nilai dengan kategori baik oleh kedua validator dengan nilai sebesar 82% dan 83,5%. Selanjutnya, pelaksanaan pembelajaran baik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil mengenai aktivitas dan pengetahuan mitigasi bencana pada siswa. Terdapat perbedaan aktivitas belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen memiliki tingkat aktivitas lebih tinggi yakni sebesar 67,2% sedangkan ada kelas kontrol sebesar 52,6%. WebGIS juga terbukti lebih efektif meningkatkan pengetahuan siswa. Peningkatan pengetahuan siswa pada kelas eksperimen lebih signifikan yakni sebesar 33% dibanding kelas kontrol sebesar 23%. Selain itu, kelas eksperimen siswa mendapat rata-rata nilai pengetahuan sebesar 79 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 71. Saran untuk guru geografi di SMA Negeri 1 Randudongkal adalah lebih memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif sehingga memacu aktivitas siswa. Pembelajaran akan lebih bermakna ketika siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran yang berdampak juga terhadap pengetahuan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: WebGIS, Aktivitas belajar, Mitigasi Bencana
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:04
Last Modified: 25 Jul 2023 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59591

Actions (login required)

View Item View Item