HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG


Rifqoh Laelatul Hanifah, 1401418250 (2022) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar yang telah diperoleh setelah mengikuti pendidikan. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kecerdasan emosional dan motivasi. Siswa yang mempunyai kecerdasan emosional yang baik akan memengaruhi hasil belajar yang diperoleh. Begitu pula siswa yang mempunyai motivasi tinggi akan memengaruhi hasil belajar yang tinggi juga. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS siswa; (2) mendeskripsikan hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa; (3) mendeskripsikan hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kecamatan Subah Kabupaten Batang sejumlah 134 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan hasil 100 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode berupa wawancara untuk memperoleh data awal mengenai hasil belajar IPS, angket digunakan untuk memperoleh data kecerdasan emosional dan motivasi belajar, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh hasil belajar IPS dan bukti sudah melaksanakan penelitian. Sebelum melakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Setelah data memenuhi uji prasyarat, selanjutnya data dianalisis dengan statistik deskriptif, korelasi sederhana (product moment), korelasi ganda, uji F (signifikansi), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPS sebesar 0,666 dengan kontribusi 44,4%; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 0,611 dengan kontribusi 62,7%; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 0,670 dengan kontribusi 44,9%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Adapun saran penelitian ini adalah guru dapat meningkatkan variabel indikator mengelola emosi dan berprestasi dalam belajar supaya hasil belajar IPS siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, kecerdasan emosional, motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:13
Last Modified: 17 Jul 2023 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59576

Actions (login required)

View Item View Item