PENGEMBANGAN MEDIA “SIMACAN” BERBASIS EMAZE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV MI RIFA’IYAH LIMPUNG KABUPATEN BATANG


Mu`ammar, 1401418128 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA “SIMACAN” BERBASIS EMAZE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV MI RIFA’IYAH LIMPUNG KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan pada pra penelitian di MI Rifa‟iyah Limpung, kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis IT serta model pembelajaran yang kurang efektif sehingga hasil belajar IPS rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain media, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan Media SIMACAN Berbasis Emaze dengan Model TGT mupel IPS Kelas IV. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall. Media SIMACAN berbasis Emaze dinyatakan sangat layak dengan perolehan skor dari ahli media sebesar 100%, ahli bahasa sebesar 91,6%, dan ahli materi sebesar 94,12%. Hasil uji normalitas nilai pretest yaitu 0,118>0,05 dan nilai posttest yaitu 0,286>0,05, data dinyatakan berdistribusi normal. Hasil t-test diperoleh sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hasil uji peningkatan rata-rata n-gain menunjukkan bahwa uji kelompok besar mengalami peningkatan sebesar 0,31 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis Emaze dengan menggunakan model TGT layak dan efektif digunakan dalam peningkatan hasil belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Emaze; Hasil Belajar; IPS; Media SIMACAN; TGT.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:23
Last Modified: 17 Jul 2023 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59568

Actions (login required)

View Item View Item